Aceh Coffee Exhibition Center (Pendekatan Analogi Romantik)

Putri Maulidia Nasas, 140701016 (2018) Aceh Coffee Exhibition Center (Pendekatan Analogi Romantik). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Aceh Coffee Exhibition Center (Pendekatan Analogi Romantik)] Text (Aceh Coffee Exhibition Center (Pendekatan Analogi Romantik))
140701016_PUTRI MAULIDIA NASAS_ACEH COFFEE EXHIBITION CENTER_.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (35MB)

Abstract

Kopi merupakan salah satu komoditas penting di Indonesia. Aceh adalah kontributor terbesar dalam menghasilkan biji kopi terbaik. Namun, sarana informasi dan publikasi terkait kopi bagi masyarakat untuk mengenal lebih dalam tentang komoditas penting ini masih sangat kurang. Untuk menyelesaikan permasalahan ini maka perlu dibangun Aceh Coffee Exhibition Center. Aceh Coffee Exhibition Center merupakan sebuah wadah untuk mendapatkan informasi tentang kopi dengan suasana yang edukatif dan rekreatif. Lokasi perancangan berada di Jalan Dr. Ir. T. Mohd. Hasan, Batoh, Banda Aceh. Luas tapak sebesar 1.3 Ha dengan KDB 70% dan Luas Dasar Bangunan 9.669 m2. Pendekatan yang diterapkan dalam perancangan adalah pendekatan analogi romantik yang akan diterapkan pada ruang dalam dan ruang luar dan pendekatan symbolism pada bentuk bangunan. Tujuan dari pendekatan tersebut adalah untuk menggugah rasa atau tanggapan emosional dalam diri pengguna bangunan sehingga pengguna memiliki pengalaman ruang yang lebih kaya. Pendekatan analogi romantik akan diterapkan pada aspek-aspek fisik dan non fisik berupa alur ruangan yang diatur dengan pola split level, elemen pembentuk ruang, komposisi ruang, permainan cahaya, sirkulasi, elemen pembentuk suasana, dan elemen-elemen yang menunjang tanggapan emosional pengguna

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts & Decorative Art (Seni Grafis dan Seni Dekorasi)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Putri Maulidia Nasas Putri
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:11
Last Modified: 14 Sep 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32407

Actions (login required)

View Item
View Item