Penggunaan Kitab Lisan Al-Arabi Melalui Latihan Soal Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Ta’bir Tahriri Bagi Siswa Di Pesantren Babun Najah

Hurul Maknum, 180202029 (2023) Penggunaan Kitab Lisan Al-Arabi Melalui Latihan Soal Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Ta’bir Tahriri Bagi Siswa Di Pesantren Babun Najah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Kitab Lisan Al-Arabi Melalui Latihan Soal Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Ta’bir Tahriri Bagi  Siswa Di Pesantren Babun Najah] Text (Penggunaan Kitab Lisan Al-Arabi Melalui Latihan Soal Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Ta’bir Tahriri Bagi Siswa Di Pesantren Babun Najah)
Hurul Maknum, 180202029, FTK, PBA.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Peneliti memilih judul penelitian “Penggunaan Kitab Lisan al-Arabi melalui latihan soal untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis Ta’bir Tahriri bagi siswa di Pesantren Babun Najah”. Peneliti ingin mengkaji penelitian ini karena berdasarkan observasi awal didapati bahwa siswa tidak mampu menulis kalimat dan paragraf sesuai aturan tata bahasa yang benar, dan mereka lemah dalam membentuk kalimat yang sempurna dalam pembelajaran Ta’bir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keefektifan penggunaan Kitab Lisan al-Arabi melalui latihan soal untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengungkapkan tulisan dan untuk mengidentifikasi respon siswa dalam menggunakan Kitab Lisan al-Arabi dalam pembelajaran menulis Ta’bir Tahriri. Metode penelitian dalam penulisan penelitian ini adalahpenelitian eksperimen. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan pre-test, post-test, dan kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Pesantren Babun Najah Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 2 MtS (C) dengan jumlah 32 orang. Peneliti memperoleh hasil penelitian bahwa Pembelajaran Ta’bir Tahriri dengan menggunakan Kitab Lisan al-Arabi meningkatkan kemampuan siswa dalam penulisan Ta’bir Tahriri. Peneliti mengandalkan hasil pengujian (T-Test) pada taraf signifikansi (sig.) yaitu (0، 00 lebih kecil dari 0، 05), dan hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak. hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima. Pembelajaran Ta’bir Tahriri dengan menggunakan Kitab Lisan al-Arabi meningkatkan kemampuan siswa dalam penulisan Ta’bir Tahriri hal ini berdasarkan jawaban dalam kuesioner, siswa memilih (sangat setuju) dan hal ini berdasarkan respon siswa pada angket dengan perolehan nilai 82، 2.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hurul Maknum Hurul
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:19
Last Modified: 14 Sep 2023 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32420

Actions (login required)

View Item
View Item