Sebab-Sebab Terjadinya Perceraian (Analisis Putusan Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren Dan Mahkamah Syar’iyah Lhokseumawe )

Nicosimah Ate, 190103001 (2023) Sebab-Sebab Terjadinya Perceraian (Analisis Putusan Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren Dan Mahkamah Syar’iyah Lhokseumawe ). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Sebab-Sebab Terjadinya Perceraian (Analisis Putusan Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren Dan Mahkamah Syar’iyah Lhokseumawe )] Text (Sebab-Sebab Terjadinya Perceraian (Analisis Putusan Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren Dan Mahkamah Syar’iyah Lhokseumawe ))
Nicosimah Ate, 190103001, FSH, PMH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari skripsi ini adalah untuk menjawab persoalan penelitian, Pertama, apa sebab-sebab perceraian dalam fiqih dan Hukum positif ? Kedua, apa seba-sebab terjadinya perceraian di Mahakamah Syar’iyah Blangkejeren dan Mahkamah Syar’iyah Lhokseumawe Ketiga, Analisis sebab-sebab perceraian pada Mahakamh Syar’iyah Blangkejeren dan Lhokseumawe ? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif analisis dan Sumber data penelitian ini adalah wawancara (interview) dan kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukan bahwa: sebab-sebab terjadi nya percerain dalam fiqih itu di karenakan Nusyuz, Siqaq, ila’, lian Dalam hukum positip sebab-sebab terjadinya perceraian itu dikarenakan dengan, salah satu pihak berbuat zina atau menjadi pemabuk, pemadat, penjudi, dan lain sebagainya. Kedua sebab-sebab yang terjadi pada Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren dan Mahkamah Syar’iyah Lhokseumawe adalah karena faktor, ekonomi dan perselisihan terus menerus menjadi faktor yang paling tinggi menjadi sebab perceraian. Ketiga menurut analisis yang di lakukan oleh penulis faktor ekonomi merupakan faktor yang paling utama dalam sebab terjadinya percerain karena faktor ekonomi dapat menjadi pemicu bagi munculnya faktor-faktor perceraian yang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Perbandingan Mazhab
Depositing User: Nicosimah Ate
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:13
Last Modified: 14 Sep 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32437

Actions (login required)

View Item
View Item