PengembanganHerbarium Book Sebagai Media Pembelajaran Materi IPA SiswaKelas IV MIN 26 Pidie .

Safrina, 180209107 (2023) PengembanganHerbarium Book Sebagai Media Pembelajaran Materi IPA SiswaKelas IV MIN 26 Pidie . Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of PengembanganHerbarium Book Sebagai Media Pembelajaran Materi IPA SiswaKelas IV MIN 26 Pidie .] Text (PengembanganHerbarium Book Sebagai Media Pembelajaran Materi IPA SiswaKelas IV MIN 26 Pidie .)
Safrina, 180209107, FTK, PGMI, 082277023742.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Bedasarkan hasil observasi di lapangan yaitu analisis masalah dan analisis kebutuhan di MIN 26 Pidie dalam proses pembelajaran sumber belajar yang digunakan hanya menggunakan buku paket tema tanpa adanya variasi media yang mendukung hal tersebut menyebabkan peserta didik tidak tertarik untuk menyimak penjelasan pendidik. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan peneliti yaitu mengembangkan media pembelajaran herbarium book agar peserta didik tidak jenuh dan tertarik untuk menyimak penjelasan materi pembelajaran dari pendidik. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) untuk mendesain Herbarium Book sebagai media pembelajaran materi IPA siswa kelas IV MIN 26 Pidie; (2) untuk menilai kelayakan Herbarium Book sebagai media pembelajaran materi IPA siswa kelas IV MIN 26 Pidie. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Research and Development (R&D), dengan menggunakan tahapan pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran herbarium book dalam pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 26 Pidie sudah memenuhi kategori sangat layak bedasarkan penilaian validasi ahli materi dengan presentase 88,32 % dan hasil penilaian validasi ahli media mencapai presentase 87,17% berada dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran herbarium book pada pembelajaran IPA di kelas IV MIN 26 Pidie sangat layak untuk dikembangkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Safrina Rina
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:19
Last Modified: 14 Sep 2023 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32457

Actions (login required)

View Item
View Item