Dampak Perpindahan Pasar Kartini Peunayong Ke Pasar Al-Mahirah Lamdingin Terhadap Kegiatan Sosial Keagamaan Para Pedagang

Nova Rusniar, 190302018 (2023) Dampak Perpindahan Pasar Kartini Peunayong Ke Pasar Al-Mahirah Lamdingin Terhadap Kegiatan Sosial Keagamaan Para Pedagang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Dampak Perpindahan Pasar Kartini Peunayong Ke Pasar Al-Mahirah Lamdingin Terhadap Kegiatan Sosial Keagamaan Para Pedagang] Text (Dampak Perpindahan Pasar Kartini Peunayong Ke Pasar Al-Mahirah Lamdingin Terhadap Kegiatan Sosial Keagamaan Para Pedagang)
Nova Rusniar, 190302018, FUF, SAA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang dampak yang dirasakan setelah perpindahan Pasar Kartini Peunayong ke Pasar al-Mahirah Lamdingin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dampak perpindahan Pasar Kartini Peunayong ke Pasar al-Mahirah Lamdingin terhadap kegiatan sosial keagamaan para pedagang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari identifikasi, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpindahan tersebut memberikan dampak terhadap kegiatan sosial keagamaan, baik dampak positif maupun negatif, dampak positif terlihat dari perubahan sikap sosial keagamaan ke arah yang lebih baik, meningkatnya rasa keimananan, mendapatkan pengetahuan baru serta adanya rasa kenyamanan dalam beraktivitas di Pasar al-Mahirah. Sedangkan dampak negatif yaitu masih kurangnya respon para pedagang dan juga terjadinya penurunan pendapatan ekonomi pedagang. Faktor yang mempengaruhi sosial keagamaan para pedagang yaitu faktor internal yang datang dari dalam diri seseorang atau bawaan serta faktor eksternal yang berasal dari luar diri seseorang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Nova Rusniar
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:24
Last Modified: 14 Sep 2023 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32458

Actions (login required)

View Item
View Item