Analisis Pengelolaan Dana Desa Dalam Pengentasan Kemiskinan Menurut Tinjauan Ekonomi Islam

Histi Farida, 190602183 (2022) Analisis Pengelolaan Dana Desa Dalam Pengentasan Kemiskinan Menurut Tinjauan Ekonomi Islam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Dana Desa, Pengentasan Kemiskinan, Kesejahteraan masyarakat] Text (Dana Desa, Pengentasan Kemiskinan, Kesejahteraan masyarakat)
Histi Farida, 190602183, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pembangunan Desa yang sejahtera perlu dapat dilakukan pengentasan kemiskinan dengan pemanfaatan dana desa. Dana desa berfungsi untuk pelaksanaan pembangunan desa seperti pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat serta pembangunan ekonomi masyarakat yang ada di Desa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses pengelolaan dana desa dalam pengentasan kemiskinan yang dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat menurut tinjauan ekonomi Islam di Desa Suak Bakong Kecamatan Kluet Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang terdiri dari aparatur desa dan masyarakat Desa Suak Bakong. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan dana desa yang dilakukan oleh aparatur desa untuk kesejahteraan masyarakat efektif dalam mengurangi angka kemiskinan pada desa Suak Bakong dan sudah sangat bagus karena dapat membantu masyarakat desa dalam meningkatkan perekonomian. Sedangkan penggunaan dana desa dari segi pembangunan masih belum maksimal karena program yang dilakukan terfokuskan pada dana KPM semasa pandemi. Oleh karena itu penggunan dana desa di Desa Suak Bakong belum sepenuhnya dapat mencapai tujuan untuk menjadikan desa sebagai desa yang maju.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Histi Farida Histi
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:30
Last Modified: 14 Sep 2023 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32469

Actions (login required)

View Item
View Item