Peran Wali Kelas Dalam Mendesain Ruang Belajar Di MIN 11 Banda Aceh

Teti Falensiah, 180206057 (2023) Peran Wali Kelas Dalam Mendesain Ruang Belajar Di MIN 11 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peran Wali Kelas Dalam Mendesain Ruang Belajar Di MIN 11 Banda Aceh] Text (Peran Wali Kelas Dalam Mendesain Ruang Belajar Di MIN 11 Banda Aceh)
Teti Falensiah, 180206057, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Wali Kelas merupakan seorang yang memiliki peran penting dalam hubungan antara sekolah, siswa dan orang tua. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya desain kelas yang belum sesuai dengan tingkatan kelas dan umur peserta didik didalam kelas. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui peran wali kelas dalam mendesain kelas meliputi perencanaan wali kelas, pelaksanaan wali kelas dan evaluasi dalam mendesain kelas. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas dan guru. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan wali kelas dalam mendesain ruang belajar di MIN 11 Banda Aceh memiliki beberapa tahapan yaitu, menetapkan target atau tujuan, mengumpulkan informasi, menentukan cara atau koordinasi, Menentukan desain baru untuk ruang belajar peserta didik, Menganalisa kebutuhan, Menentukan prioritas, membuat strategi alternatif, dan menentukan dana yang dibutuhkan. Pelaksanaan wali kelas dalam mendesain yaitu, melakukan rapat kegiatan dengan kepala sekolah dan guru, melakukan pembagian-pembagian pekerjaan sesuai bidang yang ada, dan melakukan kegiatan mendesain sesuai prosedur yang telah dibuat. Standar evaluasi wali kelas yaitu, penerapan pengaturan tempat duduk peserta didik, Pengelolaan bentuk tema ruang kelas peserta didik, penataan pajangan dari hasil karya peserta didik, dan pengaturan variasi warna ruang kelas peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Teti Falensiah
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:31
Last Modified: 14 Sep 2023 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32472

Actions (login required)

View Item
View Item