Penguatan Islam Moderat Mahasiswa PTKIN Aceh Melalui Pembelajaran PAI Berbasis Multikultural

Tasnim Idris, 2018125904 (2023) Penguatan Islam Moderat Mahasiswa PTKIN Aceh Melalui Pembelajaran PAI Berbasis Multikultural. In: Penguatan Islam Moderat Mahasiswa PTKIN Aceh Melalui Pembelajaran PAI Berbasis Multikultural. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penguatan Islam Moderat Mahasiswa PTKIN Aceh Melalui Pembelajaran PAI Berbasis Multikultural] Text (Penguatan Islam Moderat Mahasiswa PTKIN Aceh Melalui Pembelajaran PAI Berbasis Multikultural)
49 - 10x- LAPORAN CETAK TASNIM IDRIS - tasnim idris.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini perilaku keagamaan kalangan muda Muslim di Indonesia, baik siswa maupun mahasiswa, mengungkapkan kecenderungan peningkatan intoleransi dan radikalisme keagamaan, dan bahkan terpapar ekstremisme dengan kekerasan dan terorisme. Tujuan Penelitian penelitian ini untuk menjelaskan strategi penguatan Islam moderat di kalangan mahasiswa pada PTKIN di Provinsi Aceh dan Menjelaskan Pembelajaran PAI berbasis Multikultural pada PTKIN di provinsi Aceh serta menyebutkan implikasi dari pembelajaran PAI berbasis multikultural terhadap sikap moderat mahasiswa pada PTKIN di provini Aceh. Penelitian ini disebut penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologis. Pendekatan fenomenologi bertujuan menggambarkan makna dari pengalaman hidup yang dialami oleh beberapa individu, tentang konsep, atau fenomena tertentu, dengan mengeksplorasikan struktur kesadaran manusia, yang secara khusus dalam hal ini adalah insan akademika. Strategi penguatan Islam moderat kalangan mahasiswa pada PTKIN Provinsi Aceh dengan melibatkan seluruh warga kampus terutama dosen PAI melalui; pertama, mahasiswa diberikan pemahaman metodologi ajaran Islam agar mengetahui batasan dan aturan yang sebenarnya; kedua, melalui mata kuliah PAI yang secara substansi diarahkan pada pembentukan mahasiswa yang berkarakter dan moderat; ketiga, melalui keteladan dan sikap moderat dosen PAI; keempat, dibukanya ruang diskusi terhadap isu-isu hangat yang berkaitan dengan moderasi beragama, radikalisme, anarkis dengan memberika pemahan yang sebenarnya bila ditemukan kekeliruan dan sikap mahasisiwa yang menyimpang; kelima, penyesuaian kurikulum RPS PAI, keenam melalui program bimbingan baca Qur’an dan penguatan wawasan keislaman di Ma’had Aly; ketujuh, pendampingan dan pembinaan unit kegiatan mahasiswa dan kegiatan penunjang lainnya; kedelapan, adanya evaluasi.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:13
Last Modified: 16 Oct 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32489

Actions (login required)

View Item
View Item