Dinamika Resiliensi dan Marital Happiness Pada Suami/Istri di Wilayah Berbasis Syariat Islam: Analisa Perspektif Psikologi Indigenous

Ida Fitria, 2025058801 (2023) Dinamika Resiliensi dan Marital Happiness Pada Suami/Istri di Wilayah Berbasis Syariat Islam: Analisa Perspektif Psikologi Indigenous. In: Dinamika Resiliensi dan Marital Happiness Pada Suami/Istri di Wilayah Berbasis Syariat Islam: Analisa Perspektif Psikologi Indigenous. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Dinamika Resiliensi dan Marital Happiness Pada Suami/Istri di Wilayah Berbasis Syariat Islam: Analisa Perspektif Psikologi Indigenous] Text (Dinamika Resiliensi dan Marital Happiness Pada Suami/Istri di Wilayah Berbasis Syariat Islam: Analisa Perspektif Psikologi Indigenous)
53 - 10x - dummy book ida fitria 2022 cetak - Ida Fitria.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap dinamika resiliensi dan kebahagiaan sebuah pernikahan (marital happiness) dari perspektif Indigenous di wilayah syariat Islam. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kulaitatif-kuantitatif dengan Analisa data teknik kategorisasi dan korelasi. Responden dalam penelitian ini adalah suami/istri yang merupakan masyarakat pribumi di Aceh dengan total 123 responden. Hasil analisis tahap pertama menunjukkan hasil hubungan yang signifikan antara resiliensi dan kebahagiaan pernikahan (p<0,005). Hasil Analisa kategorisasi data kualitatif tentang makna kabahagiaan pernikahan dari perspektif Indigenous secara dominan diantaranya “menciptakan makna bersama” (38%), “saling support” (15%), ”saling mencintai” (14%), SAMAWA (12%), selebihnya ”memelihara rasa suka dan kagum”, dan lainnya. Kategorisasi data makna resiliensi dari perspektif Indigenous secara dominan diantaranya “support dari luar” (65%), diikuti dengan ”kepribadian tangguh” (17%), ”menyesuaikan diri dengan represif” (9%), selebihnya ”peningkatan diri”, ”kebersyukuran” dan lain-lain. Penelitian ini berkontribusi terhadap pembaharuan teori Marital Happiness dan resiliensi dalam aspek-aspek khusus sesuai dengan perspektif Psikologi Indigenous.

Item Type: Book Section
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:17
Last Modified: 07 Nov 2023 08:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32493

Actions (login required)

View Item
View Item