Peran Da’i Dalam Membangun Harmonisasi dan Moderasi Beragama di Pantai Barat Selatan Aceh

Muhammad Yusuf MY, 2106048401 (2023) Peran Da’i Dalam Membangun Harmonisasi dan Moderasi Beragama di Pantai Barat Selatan Aceh. In: Peran Da’i Dalam Membangun Harmonisasi dan Moderasi Beragama di Pantai Barat Selatan Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Da’i Dalam Membangun Harmonisasi dan Moderasi Beragama di Pantai Barat Selatan Aceh] Text (Peran Da’i Dalam Membangun Harmonisasi dan Moderasi Beragama di Pantai Barat Selatan Aceh)
55 - 8x -Hasil Penelitian M. Yusuf 2022 - Muzakir Zabir.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Moderasi beragama merupakan suatu tindakan dan proses dalam memahami juga mengimplementasikan ajaran agama secara seimbang dan berkeadilan, supaya dapat menghindari perilaku yang menyimpang dari ajaran agama. Sehingga moderasi beragama merupakan cara seseorang dalam menganut agama secara adil dan menyeluruh, tanpa harus menambah dan menguraginya. Pada akhirnya lahirlah kelompok beragama yang moderat yang menganut agama secara adil dan mengetengahkan kepentingan bersama tanpa berat ke kiri dan ke kanan. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Aceh Barat Daya, dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para dai telah berperan aktif dalam membangun harmonisasi dan juga menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada masyarakat Aceh Barat Daya, secara umum perbedaan dalam melakukan aktifitas hanyalah sebagai guyonan dan tidak perlu di tanggapi serius, kondisi ini tentu ada alasan yang kuat dimana masyarakat Aceh Barat Daya merupakan masyarakat yang sangat fanatik dengan dayah sehingga patokan dalam mengambil tindakan hanyalah kepada keputusan dayah.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:21
Last Modified: 07 Nov 2023 08:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32495

Actions (login required)

View Item
View Item