Penggunaan Media Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SD Negeri Langga Kabupaten Pidie

Evi Zuhara, 2012038901 (2023) Penggunaan Media Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SD Negeri Langga Kabupaten Pidie. In: Penggunaan Media Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SD Negeri Langga Kabupaten Pidie. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Media Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SD Negeri Langga Kabupaten Pidie] Text (Penggunaan Media Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SD Negeri Langga Kabupaten Pidie)
56 - 6x - Laporan Akhir FIX OK Cetak - evi zuhara.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Membaca merupakan suatu bentuk keterampilan siswa berupa kemampuan mengenal huruf, kemampuan mengeja kata atau kalimat, kelancaran membaca, memahami tanda baca, mampu menceritakan kembali isi bacaan, serta memiliki usaha untuk memperoleh sumber bacaan. Siswa yang memiliki kesulitan membaca akan sulit dalam memahami pelajaran, siswa cenderung memiliki prestasi akademik yang rendah karena kesulitan membaca yang dialami. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan engklek dalam mengatasi kesulitan membaca siswa di SD Negeri Langga. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan One Group Pretest-Postest Design. Sampel penelitian 8 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada siswa kelas IV, V,dan VI SD Negeri Langga. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan engklek memiliki signifikansi dalam mengatasi kesulitan membaca siswa yang ditandai perubahan skor rata-rata pretest 35. 50 menjadi 52. 50 pada skor rata-rata postest dengan selisih diantara keduanya adalah 17. Artinya, terjadi peningkatan pada kemampuan membaca siswa setelah penggunaan engklek. Kesimpulan penelitian menunjukkan engklek dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, sehingga penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan bagi guru kelas maupun guru mata pelajaran dalam penyusunan program penggunaan engklek sebagai media dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:17
Last Modified: 07 Nov 2023 08:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32496

Actions (login required)

View Item
View Item