Praktikum Online Melalui Phet Simulation Terhadap Keterampilan Proses Sains Mahasiswa FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Arusman, .2125058503 (2023) Praktikum Online Melalui Phet Simulation Terhadap Keterampilan Proses Sains Mahasiswa FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh. In: Praktikum Online Melalui Phet Simulation Terhadap Keterampilan Proses Sains Mahasiswa FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Praktikum Online Melalui Phet Simulation Terhadap Keterampilan Proses Sains Mahasiswa FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Praktikum Online Melalui Phet Simulation Terhadap Keterampilan Proses Sains Mahasiswa FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
115 - 8x- Arusman_Mukhlis_Laporan Penelitian_2022 - Arusman Maman.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pelaksananan praktikum secara online melalui PhET Simulation terhadap keterampilan proses sains mahasiswa di FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan pretest-posttest group design. Sampel penelitian diberikan perlakuan dengan menerapkan praktikum secara online melalui PhET Simulation. Pengumpulan data dilakukan dengan tes awal dan tes akhir untuk mengetahui peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) mahasiswa. Pengolahan data dilakukan dengan uji t-test untuk uji beda. Penelitian dilakukan pada Program Studi Pendidikan Fisika dan Kimia FTK UIN Ar-Raniry. Hasil penelitian menunjukkan skor nilai rata-rata KPS pada setiap indikator. Pada indikator mengamati dari 60,41% menjadi 97,91%. Kemudian indikator hipotesis meningkat dari 47,91% menjadi 89,58%. Indikator mengajukan pertanyaan pada kelas eksperimen dari 47,91% menjadi 95,83%. Peningkatan terjadi pada indikator komunikasi dari 56,25% menjadi 95,83%.Selanjutnya indikator interpretasi data dari 29,16% menjadi 70,83%. Indikator merencanakan percobaan dari 41,66% menjadi 77,08%. Indikator menggunakan alat kelas eksperimen dari 56,25% menjadi 79,16%. Berikutnya pada indikator prediksi dari 33,33% menjadi 66,66%. Indikator klasifikasi kelas eksperimen dari 20,83% menjadi 64,58%. Terakhir indikator menerapkan konsep dari 22,91%, menjadi 70,83%. Hasil uji t-test pada interval kepercayaan 95%, yaitu thitung = 4,24 dengan dk= 42 dari tabel distribusi t didapat t(0,05)(42) = 1,68 dimana thitungttabel yaitu 4,24 > 1,68. Sehingga menunjukkan bahwa penggunaan media online Virtual PhET Simulation dapat meningkatkan KPS mahasiswa pada pembelajaran Materi Listrik dan Magnet dan materi Gas dan Hukum Gas.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:18
Last Modified: 07 Nov 2023 08:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32498

Actions (login required)

View Item
View Item