Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kelompok Budidaya Ikan Lele Lhok Krueng Di Gampong Dhampulo Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar

Adlil Wafi, 170404046 (2023) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kelompok Budidaya Ikan Lele Lhok Krueng Di Gampong Dhampulo Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kelompok Budidaya Ikan Lele Lhok Krueng Di Gampong Dhampulo Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar] Text (Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kelompok Budidaya Ikan Lele Lhok Krueng Di Gampong Dhampulo Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar)
Adlil Wafi, 170404046, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pemberdayaan merupakan upaya untuk membantu orang lain agar memilki kekuatan sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Pemberdayaan masyarakat juga memiliki arti sebagai suatu kegiatan yang dilakukan bersama komunitas masyarakat dengan cara meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup dan menyelesaikan persoalan-persoalan yang dialami oleh komunitas masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan lele di kelompok Lhok Krueng, mendeskripsikan hasil dari kegiatan pemberdayaan masyarakat, dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kegiatan pemberdayaan. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Gampong Dhampulo dengan subjek penelitian adalah ketua, sekretaris, bendahara, dan seluruh anggota kelompok Lhok Krueng. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menginterpretasi data. Hasil yang didapat dari penelitian ini bahwa sistem yang digunakan oleh kelompok Lhok Krueng adalah sistem budidaya dengan metode semi intensif dalam penerapan kegiatan budidaya ikan lele, selanjutnya usaha budidaya ikan lele yang diterapkan oleh kelompok Lhok Krueng ini sangat membantu dalam memperdayakan seluruh anggota maupun masyarakat sekitar Gampong Dhampulo ini, dan juga dapat dilihat dari hasil yang diperoleh oleh seluruh anggota kelompok Lhok Krueng ini bahwa kegiatan ini sangat berpengaruh dan mampu meningkatkan perekonomian seluruh anggota dan pengurus kelompok Lhok Krueng. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa sebenarnya kegiatan budidaya ikan lele di kelompok Lhok Krueng bisa ditingkatkan menjadi lebih baik lagi dengan meningkatkan sistem atau metode dalam melaksanakan budidayanya baik itu dengan cara budidayanya atau penambahan lebih banyak lagi kolam yang digunakan, agara dapat meningkatkan pendapatan dalam budidaya ikan lele di kelompok Lhok Krueng ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Kelompok budidaya Lhok Krueng
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Adlil Wafi Adlil
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:08
Last Modified: 25 Mar 2024 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32506

Actions (login required)

View Item
View Item