Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Isi Cerita Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition Di Kelas IV MIN 25 Aceh Besar

Mula Atikah, 190209116 (2023) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Isi Cerita Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition Di Kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Isi Cerita Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition Di Kelas IV MIN 25 Aceh Besar] Text (Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Isi Cerita Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition Di Kelas IV MIN 25 Aceh Besar)
Mula Atikah, 190209116, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Salah satu cara yang dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa yaitu dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading And Composition, yaitu model pembelajaran terpadu antara kemampuan membaca dan menulis. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas guru dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition, (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition, (3) Untuk menganalisis keterampilan membaca pemahaman isi cerita setelah menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 25 Aceh Besar yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang dikumpulkan melalui (1) Lembar Observasi Aktivitas Guru, (2) Lembar Observasi Aktivitas Siswa, (3) Lembar Observasi Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor presentase berada pada kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II menjadi dengan kategori baik sekali, (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor presentase berada pada kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II menjadi dengan kategori baik sekali, (3) keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I memperoleh skor presentase berada pada kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II dengan kategori baik sekali. Dapat disimpulkan bahwa melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV MIN 25 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mula Atikah Mula
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:26
Last Modified: 15 Sep 2023 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32507

Actions (login required)

View Item
View Item