Penerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MIN 20 Aceh Besar

Rasmida Nisa Hartini, 201325127 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MIN 20 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Model Pembelajaran Think Pair and Share)
Skipsi Rasmida.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan wali kelas V MIN 20 Aceh Besar, hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran Think Pair and Share masih tergolong rendah. Secara umum guru belum menguasai sepenuhnya penerapan model Think Pair and Share. Penelitian ini tentang “Penerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V MIN 20 Aceh Besar” yang dilaksanakan pada tanggal 7 dan 10 Agustus 2017. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimanakah aktivitas siswa, kemampuan guru dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Think Pair and Share pada pembelajaran tematik di kelas V MIN 20 Aceh Besar?. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui aktivitas siswa, kemampuan guru dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Think Pair and Share pada pembelajaran tematik di kelas V MIN 20 Aceh Besar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V3 yang berjumlah 40 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu rancangan, pelaksanaan penelitian, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes akhir. Observasi ini digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kemampuan guru melalui penerapan model Think Pair and Share. Tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa, tes yang digunakan berbentuk multiple choice. Kemudian hasil ini dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 89,47% dalam kategori baik sekali dan siklus II memproleh nilai 92,10% dalam kategori baik sekali. Kemampuan guru pada siklus I memperoleh nilai 84,21% dalam kategori baik sekali, siklus II memperoleh nilai 97,22 dalam kategori baik sekali. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 62,16% dalam kategori baik, meningkat pada siklus II 85,30% dalam kategori baik sekali dan sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditentukan yaitu 70. Dari hasil pengolahan data maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas V3 MIN 20 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Tasnim Idris, M.Ag 2. Wati Oviana, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Think Pair, , Hasil Belajar, Model Pembelajaran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rasmida Nisa Hartini
Date Deposited: 04 Apr 2018 04:39
Last Modified: 04 Apr 2018 04:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3251

Actions (login required)

View Item View Item
TOP