Penggunaan Metode Jarimatika Quran secara Daring dalam Menghafal Alquran di TK BAIT Qurany Saleh Rahmany Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh

Nurullah, 2018048102 (2023) Penggunaan Metode Jarimatika Quran secara Daring dalam Menghafal Alquran di TK BAIT Qurany Saleh Rahmany Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Metode Jarimatika Quran secara Daring dalam Menghafal Alquran di TK BAIT Qurany Saleh Rahmany Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh] Text (Penggunaan Metode Jarimatika Quran secara Daring dalam Menghafal Alquran di TK BAIT Qurany Saleh Rahmany Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh)
LP_PPK_2020-Nurullah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran daring (e-learning) menjadi solusi pembelajaran pada masa pandemi COVID-19. Beberapa studi yang ada menganggap e- learning dapat memberikan pelayanan yang berkualitas di tengah situasi pandemi. Namun dalam pelaksanaannya pembelajaran daring banyak menimbulkan masalah dan kendala bagi lembaga pendidikan, guru, siswa dan orang tua murid terutama pendidikan pada tingkat usia dini. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman TK BQSR dalam menggunakan metode jarimatika quran secara daring dalam menghafal Alquran, mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran daring dengan metode jarimatika quran dan menunjukkan strategi yang digunakan sekolah dalam menanggulangi kendala. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menghafal Alquran dengan metode jarimatika quran di TK BQSR secara daring dilakukan melalui WhatsApp group dengan memanfaatkan youtube untuk mengupload video pembelajaran dan video call. Kendala yang dialami dalam melakukan pembelajaran daring terkait pencapaian target pembelajaran, penguasaan guru, minat dan motivasi siswa, dukungan orang tua, koneksi dan kuota internet serta sarana dan prasarana. Dalam menanggulangi kendala tersebut TK BQSR menggunakan beberapa strategi penanggulangan yaitu menerapkan sistem evaluasi rutin, FGD persiapan pembelajaran sesama guru, tahsin mingguan wali murid, pelatihan parenting bulanan, pelatihan peningkatan kapasitas guru, ketersediaan konsultan pembelajaran sekolah dan dukungan berkelanjutan yayasan pusat.

Item Type: Book
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:55
Last Modified: 07 Nov 2023 08:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32511

Actions (login required)

View Item
View Item