Problematika Jurnalis Harian Serambi Indonesia Dalam Memberitakan Illegal Logging Di Aceh

Syukri, 2031126416 (2023) Problematika Jurnalis Harian Serambi Indonesia Dalam Memberitakan Illegal Logging Di Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Problematika Jurnalis Harian Serambi Indonesia Dalam Memberitakan Illegal Logging Di Aceh] Text (Problematika Jurnalis Harian Serambi Indonesia Dalam Memberitakan Illegal Logging Di Aceh)
LP_PPK_2020-Syukri (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (798kB)

Abstract

Praktek pembalakan liar ini terjadi hampir di seluruh kabupaten yang ada di Aceh. Media massa seharusnya menjadi bagian dari alsosialisasi terhadap berbagai kasus illegal loging yang terjadi Aceh. pemberitaan Serambi Indonesia dan serambi.news.com yang hanya berkisar pada isu penangkapan pelaku, perambah, penyiataan dan pemusnahan kayu illegal, sampai pada pemberitaan skala kecil. Seyogyanya sebagai satu- satunya harian atau media yang berpengaruh dan memiliki oplah terbesar di Aceh, Serambi Indonesia dituntut harus mampu melakukan investigasi secara mendalam dan komprehensif terhadap aksi illegal logging di Aceh. Serambi Indonesia harus mampu membongkar keterlibatan tokoh-tokoh “besar dan penting” yang bermain dalam kasus tersebut. Pertanyaan- pertanyaan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah Mengapa Harian Serambi Indonesia tidak memberitakan isu-isu illegal logging di Aceh secara komprehensif dan tuntas? dan Problematika dan kendala apa saja yang dihadapi para jurnalis Harian Serambi Indonesia dalam pemberitaan isu-isu illegal logging di Aceh? Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif dengan instrumen pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap para jurnalis yang pernah melakukan peliputan kasus illegal logging di Aceh. Pemberitaan isu-isu illegal logging pada Harian Serambi Indonesia tampak kurang memiliki nilai berita (news values) yang tinggi. Nilai berita dimaksud hampir tidak menarik diikuti karena memang berita-berita yang disajikan tidak pernah tuntas. Para jurnalis Harian Serambi Indonesia terkendala berbagai hal dalam melakukan peliputan dan pemberitaan tentang illegal logging di Aceh.

Item Type: Book
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:55
Last Modified: 07 Nov 2023 08:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32513

Actions (login required)

View Item
View Item