Implikasi Pola Interaksi Guru PAI dengan Santri terhadap Internalisasi Nilai Spiritual di dayah Modern Aceh Besar

Subhan, 2014027503 (2023) Implikasi Pola Interaksi Guru PAI dengan Santri terhadap Internalisasi Nilai Spiritual di dayah Modern Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implikasi Pola Interaksi Guru PAI dengan Santri terhadap Internalisasi Nilai Spiritual di dayah Modern Aceh Besar] Text (Implikasi Pola Interaksi Guru PAI dengan Santri terhadap Internalisasi Nilai Spiritual di dayah Modern Aceh Besar)
LP_PPK_2020-Subhan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pola interaksi guru dengan peserta didik dapat saja berbeda antara satu lembaga pendidikan dengan lainnya. I nteraksi guru dengan siswa di sekolah pada umumnya terbatas pada pola pentrasferan ilmu dari satu pihak ke pihak lain, dan kurang tercipta suasana keakraban dan kekeluargaan. Interaksi guru dengan santri di dayah modern yang cenderung equaliter, penuh keakraban, dan kehangatan; dan pola komunikasi yang lemah lembut dan kadang- kadang tegas sesuai kebutuhan, dapat mengefektifkan internalisasi nilai spiritiual pada santri. Penelitian ini dilaksanakan di dua dayah modern Aceh Besar, yaitu Dayah Insan Qurani (IQ) dan Dayah Darul Quran Aceh (DQA). Melalui teknik penyebaran angket kepada santri dan mewawancarai para guru PAI dan Pimpinan kedua Dayah, akhirnya penelitian ini menghadirkan temuan yaitu: Pola interaksi satu arah, dua arah dan multi arah dalam kelas dan pola interaksi berbasis kasih sayang, pola keakraban, pola komunikasi lemah lembut dan tegas, yang tercipta dalam hubungan antara guru PAI dengan santr,i telah memberi dampak signifikan dalam proses internalisasi nilai-nilai spiritual di dayah modern Aceh Besar.

Item Type: Book
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:56
Last Modified: 07 Nov 2023 08:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32518

Actions (login required)

View Item
View Item