Pengembangan Modul Berbasis Soal Hots Pada Materi Cahaya Dan Alat-Alat Optik Tingkat SMP/MTS

Dinda Nurlisa, 180204087 (2023) Pengembangan Modul Berbasis Soal Hots Pada Materi Cahaya Dan Alat-Alat Optik Tingkat SMP/MTS. Other thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Dinda Nurlisa, 180204087, FTK, PFS, 082275518981.pdf] Text
Dinda Nurlisa, 180204087, FTK, PFS, 082275518981.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Suksesnya pembelajaran meningkatkan mutu pendidikan yang berpengaruh pada pembelajaran namun kurangnya bahan ajar dan kurangnya pemahaman peserta didik dalam menyelesaikan persoalan menjadi hambatan. Berdasarkan hasil observasi dengan cara menyebarkan angket analisis kebutuhan kepada peserta didik yang berisi daftar pertanyaan, sekitar 42% peserta didik memilih materi cahaya dan alat-alat optik sebagai materi yang sangat sulit dan 57% peserta didik membutuhkan bahan ajar. Oleh karena, peneliti melakukan penelitian dalam mengembangkan modul berbasis soal HOTS pada materi cahaya dan alat-alat optik tingkat SMP/MTs. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode R&D dengan menggunakan model 4D yang melalui 4 tahapan yaitu define, desain, development, dan disseminate. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan didapatkan bahwa dari aspek media hasil rata-rata skor adalah 4,26 dengan persentase kelayakan adalah 85,26% sehingga menghasilkan kategori sangat layak. Sedangkan dari segi aspek penilaian kelayakan materi dari dari hasil validasi materi didapatkan skor rata rata adalah 4,53 dengan pesentase kelayakan adalah 90,66% dan menghasilkan kategori sangat layak pula

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Dinda Nurlisa
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:54
Last Modified: 15 Sep 2023 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32524

Actions (login required)

View Item
View Item