Rancang Prototype Automatic Water Depot Berbasis Internet Of Things

Muhammad Isra, 170211095 (2023) Rancang Prototype Automatic Water Depot Berbasis Internet Of Things. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Rancang Prototype Automatic Water Depot Berbasis Internet Of Things] Text (Rancang Prototype Automatic Water Depot Berbasis Internet Of Things)
Muhammad Isra, 170211095, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak teknologi yang sudah membantu dan memudahkan pekerjaan manusia, seperti halnya smartphone. Dengan smartphone kita dapat mengakses interntet hanya bermodalkan paket data atau menghubungkannya dengan sebuah jaringan Wi-Fi. Banyak hal yang dilakukan dengan internet, seperti browsing, chatting, hingga posting. Tidak hanya itu dengan internet kita juga dapat memantau dan mengendalikan sebuah alat dari jarak jauh. Salah satunya adalah memantau ketersediaan air minum pada galon air minum otomatis. Pada umunya masyarakat pada saat ini sudah menggunakan galon, dan dispenser yang berfungsi untuk menyaring, memanaskan dan mendinginkan air. Akan tetapi dispenser masi belum bisa melakukan pemantauan terkait ketersediaan air minum, yang dimana kita masih harus melakukannya secara mandiri. Pada penelitian ini peneliti ingin merancang sebuah alat untuk mempermudah kita dalam memantau ketersediaan air minum, sekaligus melakukan pemesanan otomatis. Dengan menggunakan konsep Internet of Things (IoT). Alat ini akan membantu kita dalam melakukan pemantauan ketersediaan air minum pada galon sekaligus melakukan pemesanan air galon otomatis melalui jaringan internet menggunakan aplikasi Telegram. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dan penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan model pengembangan prototype. Ada beberapa pengujian yang dilakukan, pengujian sensitivity sensor, pengujian kecepatan mengirim notifikasi berdasarkan jarak, dan pengujian sistem. Setelah dilakukan pengujian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa alat sudah berhasil dirancang sesuai dengan yang direncanakan, dan sudah berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Muhammad Isra
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:06
Last Modified: 15 Sep 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32527

Actions (login required)

View Item
View Item