Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Man 1 Aceh Besar Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi

Rian Afkar, 190204019 (2023) Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Man 1 Aceh Besar Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi. Other thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Rian Afkar, 190204019 , FTK, PFS, 082277470819.pdf] Text
Rian Afkar, 190204019 , FTK, PFS, 082277470819.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Salah satu keterampilan yang sangat penting bagi peserta didik di era modern ini adalah literasi sains. Literasi sains didefinisikan sebagai kemampuan untuk membaca, memahami, dan mengevaluasi informasi dan pengetahuan sains, serta bagaimana informasi ini dapat digunakan untuk berpikir kritis dan membuat keputusan yang tepat dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil kemampuan literasi sains peserta didik MAN 1 Aceh Besar pada materi Hukum Newton tentang gravitasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa soal tes mencakup aspek kompetensi dan aspek pengetahuan serta angket sikap ilmiah. Subjek dalam penelitian adalah 30 peserta didik kelas X IPA 3 MAN 1 Aceh Besar. Analisis data penelitian menunjukkan bahwa mayoritas kemampuan literasi sains peserta didik MAN 1 Aceh Besar pada materi Hukum Newton tentang gravitasi adalah sangat kurang yaitu sebesar 50 %. Peserta didik yang kemampuannya sangat baik sebesar 3%, baik 7%, cukup 7% dan kurang 33%. Pada aspek kompetensi, kemampuan menjelaskan fenomena ilmiah diperoleh sebesar 64% (cukup), kemampuan mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah 26% (sangat kurang), serta kemampuan menginterpretasikan data dan memberikan bukti ilmiah 43% (kurang). Pada aspek pengetahuan, kemampuan pada tingkat koginitif rendah diperoleh sebesar 54% (kurang), tingkat kognitif sedang diperoleh sebesar 36% (sangat kurang), tingkat kognitif tinggi diperoleh sebesar 20% (sangat kurang). Selanjutnya diperoleh bahwa peserta didik masih jarang mengaplikasikan sikap ilmiah dalam peroses pembelajaran. Hal ini dapat terjadi karena peserta didik kurang membiasakan diri dalam mengaplikasikan sikap ilmiah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rian Afkar
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:58
Last Modified: 15 Sep 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32532

Actions (login required)

View Item
View Item