Adat Dan Tradisi Valaikappu Dan Melenggang Perut Di Kuala Lumpur Malaysia

Nadia Shahirah Binti Samuri, 190302028 (2023) Adat Dan Tradisi Valaikappu Dan Melenggang Perut Di Kuala Lumpur Malaysia. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Adat Dan Tradisi Valaikappu Dan Melenggang Perut Di Kuala Lumpur Malaysia] Text (Adat Dan Tradisi Valaikappu Dan Melenggang Perut Di Kuala Lumpur Malaysia)
Nadia Shahirah Binti Samuri, 190302028, FUF, SAA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Adat dan tradisi sangat digenggam erat oleh warga negara Malaysia karena dengannya menunjukkan identitas bagi setiap bangsa, ras dan kaum. Namun terjadinya beberapa transformasi adat dan tradisi bagi warga yang beragama Islam dan tidak bagi warga yang beragama Hindu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan prosesi adat dan tradisi valaikappu bagi warga di Kuala Lumpur Malaysia, untuk mengetahui dan mendeskripsikan prosesi adat dan tradisi melenggang perut di Kuala Lumpur dan untuk mendeskripsikan tanggapan masyarakat terhadap adat dan tradisi valaikappu dan melenggang perut di Malaysia. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian yang berbentuk penelitian lapangan dengan pendekatan budaya. Teknik pengumpulan data berupa wawancara langsung, panggilan videocall, dokumentasi dan juga observasi. Data yang telah dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adat dan tradisi ini masih dipraktikkan walaupun di zaman modern ini warga lebih memilih untuk mempraktikkan gaya hidup lebih modern dan kebaratan. Bagi penganut Agama Hindu masih lagi kuat berpegang teguh dengan adat dan tradisi valaikappu karena pada upacara tersebut terdapat praktik daripada agama Hindu itu sendiri. Manakala bagi penganut Agama Islam semakin janggal untuk didengar masih ada yang mempraktikkan adat dan tradisi melenggang perut karena asal usul adat dan tradisi melenggang perut ini adalah daripada adat agama Hindu. Hal ini menjadikan adat dan tradisi melenggang perut sudah bertransformasi menjadi kenduri doa selamat. Namun, adat dan tradisi yang ada di Malaysia khusus di Kuala Lumpur ini masih lagi tersimpan rapi di tempat khusus seperti museum negara supaya menjadi rujukan kepada generasi muda yang ingin meneliti mengenai adat dan tradisi walaupun setelah ketiadaan orang tua yang boleh bercerita mengenai adat dan tradisi yang ada sejak turun temurun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Nadia Shahirah Binti Samuri Nadia
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:14
Last Modified: 15 Sep 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32537

Actions (login required)

View Item
View Item