Pengembangan E-Modul Berbasis Software Microsoft OneNote Terintegrasi Nilai Islami di SMA/MA

Nur Hasanah, 170204007 (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Software Microsoft OneNote Terintegrasi Nilai Islami di SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penelitian ini membahas tentang pengembangan e-modul terintegrasi nilai Islami] Text (Penelitian ini membahas tentang pengembangan e-modul terintegrasi nilai Islami)
Nur Hasanah, 170204007, FTK, PFS, 082176815036.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya kebutuhan akan teknologi di era 4.0. Teknologi seharusnya berfungsi sebagai sarana di dalam kegiatan pembelajaran. Akan tetapi, pada saat peneliti melakukan observasi di SMA Negeri 1 Blangkejerenbelum adanya pemanfaatan terhadap teknologi, juga ditemukan banyak buku-buku fisika yang sudah rusak, kurangnya buku paket fisika K13, dan guru belum pernah mengembangkan bahan ajar. Sehingga, peneliti menawarkan solusi untuk memanfaatkan teknologi sebagai saranadalam mengembangkan e-modul. E-modul yang dikembangkan juga terintegrasi nilai Islami. Peserta didik diharapkan bukan hanya meningkat ilmu pengetahuan tetapi juga memiliki akhlak terpuji. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul dengan menggunakan software Microsoft OneNote dan mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam materi Fisika yaitu Teori Kinetik Gas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Design and development Research (DDR) dengan mengadopsi model pengembangan Alessi dan Trollip. Model ini terdiri dari 3 tahapan, yaitu (1) Planning, (2) Design, dan (3) Development. Setelah e-modul dikembangkan, e-modul memperoleh hasil uji kelayakan berdasarkan penilaian oleh ahli materi sebesar 93%, ahli media sebesar 96%, ahli tafsir ayat Al-Qur’an sebesar 94% dengan kriteria sangat layak, dan e-modul juga memperoleh hasil uji kepraktisan berdasarkan penilaian oleh peserta didik sebesar 83% dengan kriteria praktis. Maka, hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul dinyatakan layak dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Hasanah
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:23
Last Modified: 15 Sep 2023 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32539

Actions (login required)

View Item
View Item