Konsep Keluarga Sakinah Kemenag Dan Implementasi Pada Keluarga Guru (MTsN 3 Aceh Jaya)

Badrul Alimi, 180101133 (2023) Konsep Keluarga Sakinah Kemenag Dan Implementasi Pada Keluarga Guru (MTsN 3 Aceh Jaya). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Konsep Keluarga Sakinah Kemenag Dan Implementasi Pada Keluarga Guru (MTsN 3 Aceh Jaya)] Text (Konsep Keluarga Sakinah Kemenag Dan Implementasi Pada Keluarga Guru (MTsN 3 Aceh Jaya))
Badrul Alimi, 180101133, FSH, HK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Setiap keluarga tentunya mengupayakan terwujudnya keluarga sakinah, mawadah, warahmah, yaitu keluarga yang tenang, bahagia, harmonis, penuh cinta dan kasih sayang. Namun, dalam mewujudkan keluarga sakinah tidaklah mudah, perlu adanya komunikasi yang baik antara suami dan istri. Seharusnya dalam sebuah keluarga tidak boleh adanya perceraian, suami dan istri harus sama-sama menciptakan dan mewujudkan keluarga yang sakinah, tetapi yang terjadi sekarang banyak terjadinya perceraian bahkan angka perceraian setiap tahunnya meningkat, maka dalam hal ini keluarga sakinah pun tidak terwujud. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana konsep dan peran Kemenag dalam membentuk keluarga sakinah dan bagaimana gambaran keluarga sakinah menurut Kemenag dan guru Mtsn 3 Aceh Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep dan peran Kemenag dalam pembentukan keluarga Sakinah adalah Kemenag membagi keluarga Sakinag menjadi beberapa tingkatan, yaitu:Keluarga Pra-Sakinah, Keluarga Sakinah I, Keluarga Sakinah II, Keluarga Sakinah III dan Keluarga Sakinah III Plus. Keluarga Guru MTSN 3 Aceh Jaya, dilandasi niat baik dalam rumah tangga, pemenuhan hak dan kewajiban bersama dalam rumah tangga, saling menyayangi, saling menghormati dan menghormati antara suami istri. Keluarga guru MTSN 3 Aceh-Jaya yaitu istri sebagai guru, untuk menjadi guru MTSN 3 Aceh-Jaya harus mengusahakan agar tidak keluar rumah kecuali ada kepentingan atau kewajiban yang harus dipenuhi, misalnya mengajar sebagai guru sekolah, dalam hal ini juga harus mendapat izin dari suaminya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah konsep keluarga sakinah Kemenag adalah Kemanag membagi keluarga sakinah ke beberapa tingkatan sedangkan gambaran keluarga sakinah menurut Guru Mtsn 3 Aceh jaya adalah keluarga yang rukun, dilandasi niat baik dalam berumah tangga, terpenuhi hak dan kewajiban dan saling menghormati antara suami istri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Badrul Alimi
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:19
Last Modified: 15 Sep 2023 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32548

Actions (login required)

View Item
View Item