Tathwir Kitabul Lughatil ‘Arabiyyah lil Marhatil I’dadiyyah Bisshuaril Kartuniyyah Fi Maddatil Qiraah ( Dirasatul Bahtsi Wattathwiir bi SMP Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh)

Nadya Ulfa, 191004011 (2023) Tathwir Kitabul Lughatil ‘Arabiyyah lil Marhatil I’dadiyyah Bisshuaril Kartuniyyah Fi Maddatil Qiraah ( Dirasatul Bahtsi Wattathwiir bi SMP Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Tathwir Kitabul Lughatil ‘Arabiyyah lil Marhatil I’dadiyyah Bisshuaril Kartuniyyah Fi Maddatil Qiraah ( Dirasatul Bahtsi Wattathwiir bi SMP Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh)] Text (Tathwir Kitabul Lughatil ‘Arabiyyah lil Marhatil I’dadiyyah Bisshuaril Kartuniyyah Fi Maddatil Qiraah ( Dirasatul Bahtsi Wattathwiir bi SMP Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh))
09-full tesis.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Peneliti memilih judul ini berdasarkan pemasalahan yang dihadapi saat proses pembelajaran berlangsung,banyaknya siswa yang kurang menguasai bahasa Arab khususnya pada kemampuan membaca. Siswa memiliki kemampuan dalam membaca tapi kurang kemampuan dalam memahami teks bacaan yang mereka , berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti bahwasanya buku pembelajaran yang digunakan saat proses pembelajaran kurang menarik minat siswa oleh sebab itu menyulitkan siswa dalam keterampilan membaca. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengidentifikasi kebutuhan siswa akan buku bacaan bergambar kartun dalam pembelajaran membaca dan mengidentifikasi validitas buku bacaan bergambar kartun dalam pengajaran membaca, serta mengetahui Efektifitas penggunaan buku bacaan bergambar kartun dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami apa yang dibaca. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Islam Al- Azhar Cairo Banda Aceh yang berjumlah 226 siswa, dan yang menjadi sampel adalah 23 siswa dari kelas VIII . peneliti melakukan observasi, kuesioner, pre- test dan post-test sebagai alat penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa kebutuhan siswa dalam pengajaran membaca menggunakan buku kartun bergambar sangat diperlukan. Dibuktikan dengan hasil P=50% yang menunjukkan berada diantara batas 41 - 55% dengan estimasi yang dapat diterima. Buku yang dikebangkan dipercaya sebagai sarana pembelajaran dalam mengajarkan mata pelajaran membaca, berdasarkan hasil validasi dari ahli media buku ini memperoleh hasil 96,25%. Sedangkan untuk pengajaran membaca dengan menggunakan buku kartun bergambar efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan, berdasarkan hasil prestest dan posttest peneliti memperoleh hasil post-test lebih tinggi dari skor pre-test (75,86 > 44,34), dan hasil hitung (t-test) 14,12 lebih besar dari nilai t- tabel 1,721 (1,721<14,12).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nadya Ulfa Nadya
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:26
Last Modified: 19 Sep 2023 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32561

Actions (login required)

View Item
View Item