Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Minat dan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN 2 Aceh Selatan

Safdi Baini, 160209113 (2022) Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Minat dan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN 2 Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Minat     dan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik] Text (Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Minat dan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik)
Safdi Baini, 160209113, FTK, PGMI, 082367078339.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya minat belajar serta berpengaruh terhadap ketuntasan belajar siswa, karena metode pembelajaran belum bervariasi. Akibatnya, siswa merasa cepat bosan dan kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran tematik di sekolah, sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan guru, yang menyebabkan banyaknya siswa tidak tuntas dalam pelajaran yaitu dengan nilai dibawah KKM ≥ 70. Tujuan penelitian di MIN 2 Aceh Selatan adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, minat belajar siswa, dan ketuntasan belajar siswa dalam penerapan Metode Role Playing pada pembelajaran Tematik. Jenis penilitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 2 Aceh Selatan. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, soal tes, dan angket. Hasil analisis observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 73,75% kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,25% dengan kategori sangat baik. Hasil analisis aktivitas siswa pada siklus I yaitu 72,5% kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,75% kategori sangat baik. Hasil analisis pada minat belajar di siklus I dengan nilai 60,3% kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 92,4% dengan kategori sangat tinggi. Kemudian hasil analisis pada ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 61,1% kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,3% kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Metode Role Playing dapat meningkatkan minat dan ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas IV di MIN 2 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Wati Oviana, S.Pd.I., M.Pd. 2. Fanny Fajria M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing, Minat Belajar dan Ketuntasan Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Safdi Baini Safdi
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:21
Last Modified: 18 Sep 2023 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32564

Actions (login required)

View Item
View Item