Peningkatan Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Bahasa Arab melalui Microteaching Berbasis Lesson Study

Asyraf Muzaffar, 2030056802 (2023) Peningkatan Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Bahasa Arab melalui Microteaching Berbasis Lesson Study. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Bahasa Arab melalui Microteaching Berbasis Lesson Study] Text (Peningkatan Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Bahasa Arab melalui Microteaching Berbasis Lesson Study)
LP_PPK_2020-Asyraf Muzaffar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan pedagogical content knowledge mahasiswa calon guru bahasa arab melalui pembelajaran microteaching berbasis lesson study. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Metode penelitian adalah kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa microteaching semester genap 2019/2020 berjumlah 10 mahasiswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan pencatatan lapangan. Instrumen utama adalah peneliti dan instrumen pendukung yaitu rubrik penilaian mahasiswa calon guru dan jurnal pencatatan lapangan. Analisis data penilaian mahasiswa calon guru dengan statistik deskriptif dan analisis data pencatatan lapangan dengan deskriptif. Mahasiswa dikatakan berhasil memperoleh peningkatan pedagogical content knowledge dalam pembelajaran microteaching berbasis lesson study apabila minimal 80% mahasiswa memperoleh skor 4 pada setiap aspek analisis masing-masing dalam merancang pembelajaran dan mengajar. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) siklus. Pada siklus I, komponen merancang pembelajaran dan simulasi pembelajaran belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan dimana semua aspek analisis dari mahasiswa calon guru belum dicapai 80% mahasiswa pada skor 4. Pada siklus II, komponen merancang pembelajaran dan simulasi pembelajaran juga masih belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan meskipun sudah ada peningkatan pada setiap aspek analisis yang hampir dicapai 80% mahasiswa pada skor 4. Pada siklus III, komponen merancang pembelajaran dan simulasi pembelajaran sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan dimana semua aspek analisis sudah dicapai 80% pada skor 4.

Item Type: Book
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:56
Last Modified: 07 Nov 2023 08:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32565

Actions (login required)

View Item
View Item