Rama Fitranisa, 180401096 (2023) Komunikasi Persuasif Pengurus Masjid Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Shalat Subuh (Studi Pada Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
![[thumbnail of Komunikasi Persuasif Pengurus Masjid Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Shalat Subuh (Studi Pada Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues)]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rama Fitranisa, 180401096, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (12MB)
Abstract
Shalat subuh menjadi shalat fhardu yang banyak dijumpai memiliki jumlah jamaah yang lebih sedikit ketimbang shalat fhardu lainnya. Sedikitnya jumlah orang-orang yang mengerjakan shalat subuh berjamaah di masjid adalah fenomena yang sudah biasa terjadi di tengah masyarakat. Penelitian ini dilatarbelakangi melihat rendahnya minat masyarakat melaksanakan shalat berjamaah di masjid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif yang dilakukan pengurus masjid dalam mengajak masyarakat tertarik melaksanakan shalat subuh berjamaah di masjid serta faktor masyarakat tidak melaksanakan shalat berjamaah di masjid. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu peneliti menghasilkan data, tulisan dan tingkah laku yang dapat dianalisis dan diamati untuk mengungkapkan suatu fakta fenomena sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik untuk mendapatkan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan masyarakat akan tertarik melaksanakan shalat berjamaah apabila pengurus masjid juga aktif dalam memakmurkan masjid. Masyarakat akan melihat bagaimana pengurus masjid mengelola masjid tersebut. Dalam artian masyarakat menilai kredibilitas dari pengurus masjid tersebut. Masyarakat akan tertarik apabila pengurus masjid memiliki kredibilitas yang tinggi, sedangkan pengurus masjid yang memiliki kredibitas rendah maka akan sulit memersuasi masyarakat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Rama Fitranisa |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 02:31 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 02:31 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32579 |