Pengaruh Pendapatan Bagi Hasil dan Pendapatan Jual Beli Terhadap Laba BersihSaladq Banda Aceh

Naufal Nadhil, 160602172 (2023) Pengaruh Pendapatan Bagi Hasil dan Pendapatan Jual Beli Terhadap Laba BersihSaladq Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Pendapatan Bagi Hasil dan Pendapatan Jual Beli Terhadap Laba BersihSaladq Banda Aceh] Text (Pengaruh Pendapatan Bagi Hasil dan Pendapatan Jual Beli Terhadap Laba BersihSaladq Banda Aceh)
Naufal Nadhil, 160602172, FEBI, ES.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Brand Saladq ini merupakan produk waralaba makanan sehat berupa makanan segar seperti salad buah, yang saat ini sangat diminati konsumen khususnya masyarakat kota Banda Aceh. Saladq menerapkan konsep waralaba dimana sistem pendapatan yang diterapkan kepada 6 outletnya adalah sistem bagi hasil. Sistem bagi hasil itu sendiri menurut hukum Islam bahwa perjanjian franchise tidak bertentangan dengan Syariah Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendapatan bagi hasil dan pendapatanjual beli terhadap laba bersih Saladq Banda Aceh. Objek penelitian ini adalah outlet Saladq yang menjadi subjek penelitian adalah 6 outlet, dengan rentang bulan pengamatan Januari-Desember 2019, maka jumlah subjek pengamatan adalah 72 observasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melihat laporan keuangan bulanan periode Januari-Desember 2019, dan dianalisis menggunakan persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menemukan adanya pengaruh positif dan signifikan (0,000) baik secara parsialmaupun secara simultan pada pendapatan bagi hasil dan pendapatan jual beli terhadap laba bersih Saladq Banda Aceh. Besarnya koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0,665. Artinya bahwa pendapatan bagi hasil (X1) dan pendapatan jual beli (X2) mempengaruhi laba bersih sebesar 66,5%, selebihnya sebesar 33,5%dipengaruhi oleh faktor lain. Melihat hal tersebut, perlu kiranya untuk peneliti selanjutnya menambah aspek lain yang mempengaruhi laba bersih dalam franchise waralaba.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Bagi Hasil, Pendapatan Jual Beli, Laba Bersih
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Naufal Nadhil Naufal
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:08
Last Modified: 18 Sep 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32581

Actions (login required)

View Item
View Item