Pengaruh Desain Fasad Gedung Perpustakaan Provinsi Aceh terhadap Minat Pengunjung

Muhammad Ramazan, 180701052 (2023) Pengaruh Desain Fasad Gedung Perpustakaan Provinsi Aceh terhadap Minat Pengunjung. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perpustakaan, Fasad, Minat Pengunjung.] Text (Perpustakaan, Fasad, Minat Pengunjung.)
Muhammad Ramazan,180701052, FST, ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) Provinsi Aceh masih kalah dengan beberapa provinsi yang ada di Indonesia. Upaya yang dilakukan pemerintah Aceh untuk menumbuhkan semangat minat baca salah satunya adalah menyiapkan gedung baru dengan berbagai fasilitas dan konsep pustaka abad 21 atau pustaka 4.0. Terdapat satu penelitian terkait Perpustakaan Provinsi Aceh, pada penelitian tersebut membahas upaya yang dilakukan pengelola dalam meningkatkan minat kunjung terhadap perpustakaan, namun penelitian tersebut belum membahas tentang pengaruh desain fasad dari Perpustakaan Provinsi Aceh dalam meningkatkan minat kunjung dari pengunjung. Maka dari itu penulis tertarik untuk membahas dan meneliti lebih jauh mengenai aspek sejauh mana pengaruh desain fasad pada Perpustakaan Provinsi Aceh dalam menarik daya minat pengunjung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya penggunaan elemen dan komponen pada fasad Perpustakaan Provinsi Aceh, dan pengaruh desain fasad Perpustakaan Provinsi Aceh terhadap minat pengunjung. Objek penelitian dilakukan pada gedung Perpustakaan Provinsi Aceh. Metode penelitian menggunakan pendekatan campuran. Pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk menganalisa elemen dan komponen fasad, wawancara dan kuesioner untuk mencari persepsi pengunjung terkait fasad, dan dokumentasi sebagai bukti keaslian yang ada dilapangan, Teknik analisis data menggunakan tahapan coding dimana nantinya akan menghasilkan kesimpulan akhir dari jawaban-jawaban responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan elemen dan komponen pada fasad Perpustakaan Provinsi Aceh berdasarkan teori Manurung (2009) dan Mada (2022), maka setelah dilakukan penelitian elemen dan komponen tersebut ada digunakan pada fasad Perpustakaan Provinsi Aceh. Selanjutnya, terkait pengaruh desain fasad Perpustakaan Provinsi Aceh dalam menarik daya minat pengunjung, berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner terhadap 60 responden, sebanyak 47 responden menjawab “desain fasad Perpustakaan Provinsi Aceh mampu meningkatkan daya minat pengunjung semakin meningkat” dan sebanyak 13 responden menjawab “ragu-ragu”. Hal itu dikarenakan niat pengunjung datang keperpustakaan semata-mata hanya untuk keperluan belajar. Elemen atau komponen yang paling menarik bagi pengunjung sehingga pengunjung berminat untuk datang ke Perpustakaan Provinsi Aceh adalah “bidang kotak berwarna dan garis-garis vertikal atau sun shading”

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
700 Arts and Recreation > 710 Area Planning & Landscape Architecture (Tata Ruang Kota & Arsitektur )
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Muhammad Ramazan Rama
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:08
Last Modified: 18 Sep 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32592

Actions (login required)

View Item
View Item