Rancang Bangun Sistem Pembuka Kunci Otomatis Dengan Notifikasi Berbasis Rfid (Radio Frequency Identification)

Abdul Malek Shafar, 170211104 (2023) Rancang Bangun Sistem Pembuka Kunci Otomatis Dengan Notifikasi Berbasis Rfid (Radio Frequency Identification). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Rancang Bangun Sistem Pembuka Kunci Otomatis Dengan Notifikasi Berbasis Rfid (Radio Frequency Identification)] Text (Rancang Bangun Sistem Pembuka Kunci Otomatis Dengan Notifikasi Berbasis Rfid (Radio Frequency Identification))
Abdul Malek Shafar, 170211104, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Keamanan merupakan hal terpenting dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali pencurian atau pembobolan suatu sistem keamanan karena tidak terproteksi dengan baik. Ditambah tidak adanya sistem notifikasi tambahan pada kunci konvensional yang biasa digunakan yang bisa memberikan informasi siapa saja yang mencoba mengakses pintu tersebut. Sistem Pembuka Kunci Otomatis Dengan Notifikasi Berbasis RFID (Radio Frequency Identification). Bertujuan untuk merancang prototype sistem pembuka kunci otomatis dengan notifikasi berbasis RFID. Sistem kerja dari prototype ini dikendalikan menggunakan NodeMCU ESP8266 sebagai otak dari prototype yang dilengkapi dengan sensor RFID RC522,motor servo, dan Touch Sensor untuk membuka pintu dari dalam. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan metode Research and Development (R&D). Berdasarkan hasil pengujian, sistem dapat membaca kartu E-KTP untuk membuka pintu dan sistem juga dapat mengirimkan notifikasi ke aplikasi telegram. pengujian RFID diketahui sensor dapat membaca kartu mulai dari jarak 0,0 cm hingga 1,8 cm. pengujian waktu respon RFID diketahui waktu yang dibutuhkan berkisar antara 2,59 sampai 2,86 second. Selanjutnya pengujian waktu respon touch sensor, waktu respon yang dibutuhkan hingga pintu terbuka rata-rata 1,99 second.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Abdul Malek Shafar
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:12
Last Modified: 18 Sep 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32593

Actions (login required)

View Item
View Item