Pengaruh Biaya Penitipan (Ujrah) Dan Denda Keterlambatan Dan Pelunasan Terhadap Kepuasan Nasabah Produk Gadai Emas (Studi pada Kasus Pegadaian Syariah Cabang Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara)

Cici Aprilia, 190603309 (2023) Pengaruh Biaya Penitipan (Ujrah) Dan Denda Keterlambatan Dan Pelunasan Terhadap Kepuasan Nasabah Produk Gadai Emas (Studi pada Kasus Pegadaian Syariah Cabang Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Ujrah, Denda, Keterlambatan, Pelunasan, Kepuasan.] Text (Ujrah, Denda, Keterlambatan, Pelunasan, Kepuasan.)
Cici Aprilia, 190603309, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kasus pembiayaan bermasalah terjadi di Pegadaian Syariah Cabang Kutacance. Penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah dikarenakan 2 hal, yaitu dari pihak pegadaian (penaksir) dan pihak nasabah. Pembiayaan bermasalah dapat terjadi karena adanya kesulitan yang dialami oleh nasabah dalam hal melaksanakan kewajiban-kewajiban yang telah dia janjikan terhadap pihak pegadaian atau lembaga keuangan lainnya. Selain itu nasabah tidak mampu membayar denda keterlambatan dikarenakan keuangan mereka tidak memadai karena memiliki kewajiban di lembaga keuangan lainnya. Penelitian bertujuan untuk mengutahui pengaruh biaya penitipan (Ujrah) dan denda keterlambatan terhadap kepuasan nasabah produk gadai emas di Pegadaian Syariah Cabang Kutacane. Sampel dalam penelitian berjumlah 259 orang. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa biaya penitipan (ujrah) dan denda keterlambatan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah produk gadai emas di Pegadaian Syariah Cabang Kutacane.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Cici Aprilia Cici
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:04
Last Modified: 26 Sep 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32599

Actions (login required)

View Item
View Item