Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Dalam Mengatasi Miskonsepsi Matematis Peserta Didik SMA

Firhat, 170205098 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Dalam Mengatasi Miskonsepsi Matematis Peserta Didik SMA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Dalam  Mengatasi Miskonsepsi Matematis Peserta Didik SMA] Text (Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Dalam Mengatasi Miskonsepsi Matematis Peserta Didik SMA)
Firhat, 170205098, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Miskonsepsi merupakan suatu kesalahpahaman antara konsep yang dipahami peserta didik dengan konsep yang sebenarnya. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa miskonsepsi matematis peserta didik sering terjadi, sehingga diperlukan suatu model yang dapat mengatasinya yaitu menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran kolaboratif yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep yang dirasa sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengatasi miskonsepsi matematis peserta didik SMA melalui model pembelajaran CUPs. Jenis penelitiannya yaitu penelitian eksperimen yang berdesain one group pretest-posttest design. Populasi yang diambil yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Baitussalam, dengan teknik pengambilan sampelnya yaitu simple random yaitu kelas XI MIA 2. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes uraian. Analisis data menggunakan uji statistik yaitu paired sample t-test yang diperoleh t_hitung>t_tabel= 23,55>1,72 sehingga diterima H_1 yang berarti model pembelajaran CUPs dapat mengatasi miskonsepsi matematis pada peserta didik SMA secara signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Firhat Firhat
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:20
Last Modified: 18 Sep 2023 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32604

Actions (login required)

View Item
View Item