Penerapan Pembelajaran Luar Kelas Untuk Menigkatkan Kemampuan Berbicara Siswa di MAN 2 Aceh Selatan.

Eka Rahmaida, 190202006 (2023) Penerapan Pembelajaran Luar Kelas Untuk Menigkatkan Kemampuan Berbicara Siswa di MAN 2 Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Pembelajaran Luar Kelas Untuk Menigkatkan Kemampuan Berbicara Siswa di MAN 2 Aceh Selatan.] Text (Penerapan Pembelajaran Luar Kelas Untuk Menigkatkan Kemampuan Berbicara Siswa di MAN 2 Aceh Selatan.)
Eka Rahmaida, 190202006, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Keterampilan berbicara adalah keterampilan yang paling penting dalam bahasa, Proses pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Aceh Selatan hanya di dalam kelas, dan guru tidak menggunakan metode yang bermacam – macam sehingga siswa merasa bosan. Siswa menganggap bahasa Arab sebagai mata pelajaran yang sulit, dan kebanyakan dari mereka tidak bisa berbahasa Arab. Guru harus kreatif dan inovatif dalam mempersiapkan proses belajar mengajar. Salah satu proses pembelajaran yang dapat digunakan untuk mencapai kompetensi siswa adalah outdoor learning. Adapun Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode eksperimen one group design (One Group Pre-Test Post-Test). Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan Pre-Test dan Post-Test dan observasi langsung. Adapun Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 2 Aceh Selatan, dan peneliti mengambil sampel di kelas dua yang berjumlah sebanyak 22 siswa . Adapun hasil penelitian ini, peneliti menemukan bahwa penerapan pembelajaran di luar kelas (outdoor learning) efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test dengan signifikansi (Asymp. Sig. (2-tailed)) 0.000<0.05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Eka Rahmaida
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:23
Last Modified: 18 Sep 2023 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32605

Actions (login required)

View Item
View Item