Pengaruh Metode Talqin Terhadap Peningkatan Hafalan Hadits di TK IT Baitusshalihin

Ulfa Maghfirah ZS, 180210024 (2023) Pengaruh Metode Talqin Terhadap Peningkatan Hafalan Hadits di TK IT Baitusshalihin. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Metode Talqin Terhadap Peningkatan Hafalan Hadits di TK IT Baitusshalihin] Text (Pengaruh Metode Talqin Terhadap Peningkatan Hafalan Hadits di TK IT Baitusshalihin)
Ulfa Maghfirah, 180210024, FTK, PIAUD, 085275498510.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Metode talqin merupakan metode yang lebih berfokus pada peniruan anak-anak kepada guru pada melafadzkan baca Hadits. Adapun caranya dengan memperdengarkan bagian-bagian bacaan hadits kepada anak didik sehingga menimbulkan bacaan hadits yang sempurna. Adapun kemampuan anak di kelas B5 di TK IT Baitushalihin mengalami hambatan dalam mengingat hadits yang diajarkan. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan kemampuan anak dalam membaca hadits yang dihafalkan. seharusnya hafalan hadits untuk usia dini dapat diperkenalkan dengan berbagai metode yang sesuai dengan kebutuhan perkembangannya, maka dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hafalan hadits anak dikelas B5 TK IT Baitushalihin dengan menggunakan metode talqin. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental satu kelompok yaitu one-Group Pre-Tes dan post-Test Design dengan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sampel 22 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan data pre-tes diperoleh nilai rata-rata 44,81% dalam kategori Mulai Berkembang (MB), dan post test diperoleh nilai rata-rata 98,54 % dalam Kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Pengujian hipotesis diperoleh nilai sebesar 0,000<0,05 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa metode talqin berpengaruh terhadap peningkatan hafalan hadits di TK IT Baitusshalihin Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Ulfa Maghfirah Zs
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:50
Last Modified: 21 Sep 2023 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32609

Actions (login required)

View Item
View Item