Analisis Pengaruh Pengangguran dan Pendidikan terhadap Kemiskinan di Provinsi Aceh dalam Tinjauan Maqashid Syari’ah

Chairunnisah, 160602140 (2023) Analisis Pengaruh Pengangguran dan Pendidikan terhadap Kemiskinan di Provinsi Aceh dalam Tinjauan Maqashid Syari’ah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Pengaruh Pengangguran   dan Pendidikan terhadap Kemiskinan di Provinsi Aceh dalam Tinjauan Maqashid Syari’ah] Text (Analisis Pengaruh Pengangguran dan Pendidikan terhadap Kemiskinan di Provinsi Aceh dalam Tinjauan Maqashid Syari’ah)
Chairunnisa, 160602140, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengangguran dan pendidikan terhadap kemiskinan di Aceh. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data tingkat pengangguran, data harapan lama sekolah dan data jumlah penduduk miskin tahun 2016 sampai 2019 yang berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh. Metode yang digunakan untuk menganalisis pengaruh pengangguran dan pendidikan terhadap kemiskinan adalah metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel pengangguran dan pendidikan berpengaruh terhadap kemiskinan. Secara parsial pengangguran berpengaruh terhadap kemiskinan dan juga pendidikan berpengaruh terhadap kemiskinan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka sebaiknya pemerintah membuat kebijakanan dukungan yang tinggi agar angka kemiskinan di Aceh yang masuk dalam data Badan pusat Statistik dapat semakin menurun.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengangguran Pengangguran (TPT), Harapan Lama Sekolah (HLS), Kemiskinan.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Chairunnisah Nisa
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:16
Last Modified: 19 Sep 2023 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32619

Actions (login required)

View Item
View Item