Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Kelas VII SMP Negeri 1 Jaya Aceh jaya

Mahdalena, 261324590 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Kelas VII SMP Negeri 1 Jaya Aceh jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mambahas tentang hasil belajar]
Preview
Text (Mambahas tentang hasil belajar)
mahdalena.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of FORMB DAN FORM D.pdf]
Preview
Text
FORMB DAN FORM D.pdf

Download (986kB) | Preview

Abstract

Rendahnya prestasi belajar matematika siswa disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika akibat dari pembelajaran yang kurang inovatif serta siswa kurang aktif dan kreatif. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT).Model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran kooperatif yang melibatkan aktifitas seluruh siswa yang mengandung unsur permainan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model pembelajaran Team Games Tournament(TGT) yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada kelas VII SMPN 1 Jaya Aceh Jaya?. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran model pembelajaran Team Games Tournament(TGT)yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah test awal, test siklus I, test siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A. Data yang dikumpulkan dengan teknik test hasil ketuntasan belajar siswa, lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, dan lembar angket respon siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif (persentase) sesuai dengan kriteria ketuntasan belajar yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar siswa sebesar 85,7% dari 21 siswa berada pada kategori tuntas, aktivitas guru mengelola pembelajaran dikategorikan baik dengan skor rata-rata 4,45 %. Aktivitas siswa sudah aktif/efektif karena sesuaikan dengan waktu ideal yang telah ditetapkan pada aspek pengamatan aktivitas siswa berada dalam toleransi 5%. Respon siswa dikatakan positif karena berada kategori positif yaitu dengan skor rata-rata 3,12. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa menggunakan penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT)pada materi operasi himpunan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. H. Adnan Ismail, M.Pd 2.Cut Intan Salasiyah, S.Ag. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, TGT, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mahda lena
Date Deposited: 09 Apr 2018 08:20
Last Modified: 09 Apr 2018 08:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3262

Actions (login required)

View Item
View Item