Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Kesempatan Kerja Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Eky Moumong Resort)

Mia Ayu Permatasari Chan, 160602224 (2023) Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Kesempatan Kerja Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Eky Moumong Resort). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Kesempatan Kerja Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Eky Moumong Resort)] Text (Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Kesempatan Kerja Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Eky Moumong Resort))
Mia Ayu Permatasari Chan, 160602224, FEBI, IE, 085277648901.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kepadatan wisatawan seperti yang ada di Pantai Eky Momong Resort, tentunya menjadi peluang bagi masyarakat dan pemerintah untuk mengembangkan kawasan wisata. Perkembangan ini akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar untuk mengurangi pengangguran dan menambah pendapatan, ketika pendapatan masyarakat meningkat maka kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat. Masyarakat lokal secara tidak langsung merasakan dampak menguntungkan dari industri pariwisata yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak pengembangan pariwisata di Eky Moumong Resort terhadap kesempatan kerja. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penlitian ini berupa data primer yang dikumpulkan melalui wawancara dengan beberapa informan yang terdiri dari pengelola objek wisata, pekerja wisata, pengunjung dan juga tokoh masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lokasi wisata, promosi atau pemasaran, pasar wisata, transportasi, serta fasilitas dan pelayanan wisata. Semua komponen tersebut berpengaruh terhadap pengembangan obyek wisata Eky's Momong Resort. Setelah Eky's Momong Resort dikembangkan peluang/kesempatan kerja di kawasan Eky's Momong Resort meningkat dengan peningkatan pekerja yang juga ikut meningkat. Selanjutnya, Pengembangan pariwisata syariah terdiri dari empat aspek, yakni lokasi, transportasi, konsumsi, dan hotel telah memenuhi unsur dan kriteria kriteria usaha pariwisata syariah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Pariwisata, Kesempatan Kerja. Perspektif Ekonomi Islam
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Mia Ayu Permatasari Chan
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:20
Last Modified: 19 Sep 2023 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32624

Actions (login required)

View Item
View Item