Efektivitas Kegiatan Suluk dalam Meningkatkan Kesehatan Mental pada Jamaah Suluk di Pesantren Darul Aman Aceh Besar

Cut Rizka Aliana, 2031109001 (2023) Efektivitas Kegiatan Suluk dalam Meningkatkan Kesehatan Mental pada Jamaah Suluk di Pesantren Darul Aman Aceh Besar. In: Efektivitas Kegiatan Suluk dalam Meningkatkan Kesehatan Mental pada Jamaah Suluk di Pesantren Darul Aman Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Kegiatan Suluk dalam Meningkatkan Kesehatan Mental pada Jamaah Suluk di Pesantren Darul Aman Aceh Besar] Text (Efektivitas Kegiatan Suluk dalam Meningkatkan Kesehatan Mental pada Jamaah Suluk di Pesantren Darul Aman Aceh Besar)
LP_PPK_2020-Cut Rizka Aliana.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (624kB)

Abstract

Masa globalisasi merupakan salah satu masa dimana individu mengalami segala permasalahan kesehatan mental. Permasalahan kesehatan mental yang sering dialami individu diantaranya adalah mengalami kegelisahan, tidak merasa adanya ketentraman, hingga mengalami gangguan kejiwaan. Untuk itu, individu perlu memiliki kemampuan menjaga dan memelihara kesehatan mental yang baik agar terhindar dari gangguan kejiwaan. Kesehatan mental dapat diperoleh individu dengan memenuhi kebutuhan lahiriah maupun kebutuhan batiniah. Salah satunya adalah dengan kegiatan suluk yang merupakan metode pembinaan spiritual dan bertujuan untuk membentuk individu yang bertaqwa. Untuk itu penelitian ini bertujuan melihat efektivitas kegiatan suluk terhadap peningkatan kesehatan mental jamaah suluk di Pesantren Darul Aman Aceh Besar. Adapun jumlah responden sebanyak 58 jamaah, metode yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu berdasarkan uji t (t-test) menggunakan paired samples T-test. Hasil uji t (t-test) pre test ke post test menunjukkan nilai t = -17.400 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05) hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil kesehatan mental sebelum dan sesudah melakukan suluk dari pre test ke post test dengan skor rerata pre test 51,41 menjadi skor rerata post test 81,17.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:57
Last Modified: 07 Nov 2023 08:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32625

Actions (login required)

View Item
View Item