Kompetensi Guru Fisika dalam Memanfaatkan Alat- alat Laboratorium di SMAN I Bebesen Aceh Tengah

Fera Annisa, 2005018703 (2023) Kompetensi Guru Fisika dalam Memanfaatkan Alat- alat Laboratorium di SMAN I Bebesen Aceh Tengah. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kompetensi Guru Fisika dalam Memanfaatkan Alat- alat Laboratorium di SMAN I Bebesen Aceh Tengah] Text (Kompetensi Guru Fisika dalam Memanfaatkan Alat- alat Laboratorium di SMAN I Bebesen Aceh Tengah)
LP_PPK_2020-Fera Annisa.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kompetensi profesional merupakan kompetensi yang menunjang tugas guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Salah satu cakupan kompetensi profesional guru adalah kemampuan guru dalam memanfaatkan alat-alat laboratorium untuk kelancaran kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menjawab tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan kompetensi profesional guru fisika dalam memanfaatkan alat-alat laboratorium di SMAN I Bebesen Aceh Tengah. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa dan 2 guru bidang studi fisika SMAN I Bebesen Aceh Tengah. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan angket guru/siswa dan pedoman wawancara. Berdasarkan penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan kompetensi guru fisika dalam memanfaatkan alat-alat laboratorium di SMAN I Bebesen Aceh Tengah cukup bervariasai ditinjau dari beberapa aspek, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Kemampuan guru dalam mengelola laboratorium dan memanfaatkan alam sekitar sebagai media pembelajaran; kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran berbasis praktikum; kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis praktikum dan kemampuan guru dalam penilaian autentik pembelajaran berbasis praktikum telah dimanfaatkan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Hasil ini didukung oleh latar belakang pendidikan guru, pengalaman mengajar, persiapan guru, keikutsertaan dalam kegiatan ilmiah dan kemampuan membimbing karya ilmiah siswa. Profesional guru berbanding lurus dengan terlaksananya kegiatan praktikum. Jika guru profesional mengelola dan memanfaatkan alat-alat di laboratorium maka akan mendukung terlaksananya pemanfaatan yang lebih baik. Kondisi ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat siswa agar praktikum berjalan dengan baik dan nilai yang memuaskan.

Item Type: Book
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:57
Last Modified: 07 Nov 2023 08:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32634

Actions (login required)

View Item
View Item