Optimalisasi Metode Diskusi Melalui Telegram Discussion Group pada Mata Pelajaran PAI di SMA

Syafruddin, 2016067301 (2023) Optimalisasi Metode Diskusi Melalui Telegram Discussion Group pada Mata Pelajaran PAI di SMA. In: Optimalisasi Metode Diskusi Melalui Telegram Discussion Group pada Mata Pelajaran PAI di SMA. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Optimalisasi Metode Diskusi Melalui Telegram Discussion Group pada Mata Pelajaran PAI di SMA] Text (Optimalisasi Metode Diskusi Melalui Telegram Discussion Group pada Mata Pelajaran PAI di SMA)
LP_PPK_2020-Syafruddin.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengakaji tentang ruang diskusi virtual berbasis media sosial untuk membelajarkan siswa/i tentang Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan materi „Indahnya Membangun Mahligai Rumah Tangga‟. Tujuan pelaksanaanya, adalah untuk mengetahui optimalisasi dan efektifitas proses maupun hasil melalui integrasi aplikasi Telegram dengan mebuat discussion group (grup diskusi virtual). Metode yang digunakan deskriptif kualitatif, dengan sumber data terdiri dari primer dan sekunder. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Meulaboh kelas XII IPA 5, partisipan ditentukan secara secara purposive sampling. Data dianalisis melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan serta hasil hitungan “d” (gain). Hasil menunjukkan bahwa: 1). Telah teroptimal penerapan metode diskusi dengan mengintegrasikan dan menyelarasakan antar konsep dasar intruksional, suprasitem, serta evaluasi. Dengan mengatur langkah-langkah penerapan metode diskusi, membuat peraturan grup diskusi, panduan, dan kontrak belajar. 2) Pengelolaan metode diskusi lebih praktis dan prestasi belajar meningkat. Dari 12 partisiapan, nilai rata-rata pretes 54% dan postes 94% dengan gain score 38%.Aktifitas pembelajaran dilakukan dengan menggunakan blended learning.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:58
Last Modified: 07 Nov 2023 08:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32635

Actions (login required)

View Item
View Item