Isolasi, Seleksi dan Identifikasi Bakteri Endofit Asal Daging Buah Family Arecaceae Dalam Menghambat Multi-Drugs Resistant (MDR) Escherichia coli

Diannita Harahap, 2022038701 (2023) Isolasi, Seleksi dan Identifikasi Bakteri Endofit Asal Daging Buah Family Arecaceae Dalam Menghambat Multi-Drugs Resistant (MDR) Escherichia coli. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Isolasi, Seleksi dan Identifikasi Bakteri Endofit Asal Daging Buah Family Arecaceae Dalam Menghambat Multi-Drugs Resistant (MDR) Escherichia coli] Text (Isolasi, Seleksi dan Identifikasi Bakteri Endofit Asal Daging Buah Family Arecaceae Dalam Menghambat Multi-Drugs Resistant (MDR) Escherichia coli)
LP_PPK_2020-Diannita Harahap.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Diare menjadi satu dari beberapa penyakit dengan angka morbiditas tinggi. Salah satu penyebab hal tersebut adalah infeksi bakteri Escherichia coli. Permasalahan dalam masyarakat terkait penggunaan antibiotik yang tidak tepat memicu munculnya resistensi antibiotik. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh isolat bakteri endofit asal daging buah family Arecaceae yang mampu menghambat Multi-Drugs Resistant (MDR) Escherichia coli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga yaitu isolasi bakteri endofit dengan mengkultur langsung pada media pertumbuhan; seleksi kemampuan bakteri endofit dalam menghambat bakteri uji dengan metode Kirby-Bauer dan identifikasi bakteri endofit terpilih dengan metode pewarnaan Gram, katalase dan koagulase. Hasil penelitian berhasil mngisolasi lima isolat bakteri endofit dengan kode A1, A2, K, S1 dan S2. Kriteria penghambatan dalam golongan sangat kuat dengan zona hambat tertinggi 43,26 mm. Kelima isolat terpilih memiliki morfologi sel Gram positif, kokus, katalase positif dan koagulase negatif. Kelima isolat teridentifikasi sebagai Staphylococcus sp.

Item Type: Book
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:58
Last Modified: 07 Nov 2023 08:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32636

Actions (login required)

View Item
View Item