Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Proses Sains Berbasis Praktikum Melalui Reproduksi Vegetatif Budidaya Tanaman Pada Siswa SMA Negeri 1 Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar.

Nurdin Amin, 2019118601 (2023) Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Proses Sains Berbasis Praktikum Melalui Reproduksi Vegetatif Budidaya Tanaman Pada Siswa SMA Negeri 1 Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Proses Sains Berbasis Praktikum Melalui Reproduksi Vegetatif Budidaya Tanaman Pada Siswa SMA Negeri 1 Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar.] Text (Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Proses Sains Berbasis Praktikum Melalui Reproduksi Vegetatif Budidaya Tanaman Pada Siswa SMA Negeri 1 Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar.)
LP_PPK_2020-Nurdin Amin (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pelajaran Biologi tidak terlepas dari kegiatan praktikum, kegiatan praktikum tersebut merupakan bagian dari Keterampilan Proses Sain (KPS). Melalui kegiatan praktikum diharapkan dapat memudahkan peserta siswa dalam memahami konsep-konsep sains dengan cara membuktikan dan menguji kebenarannya. Salah satu materi yang dipelajari adalah reproduksi vegetatif pada tanaman. Materi tersebut tentunya harus dilakukan praktikum melalui Reproduksi vegetatif budidaya Tanaman. SMA Negeri 1 Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berperan aktif dalam menerapkan kegiatan praktikum. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental yang dipilih adalah One Group Pret-est Post-test, dimana observasi dilakukan sebanyak 2 kali yaitu sebelum eksperimen dan setelah eksperimen. Penilaian dilakukan dengan intrumen tes dan lembar observasi. Hasil belajar siswa yang diukur melalui soal tes nilai pre-tes dari 24 siswa adalah 35,21 dengan kriteria “kurang”, nilai siswa atau post-tes adalah 80,63 dengan kriteria “baik”. rata-rata nilai N-Gain Score 0,7 dengan kriteria “sedang”, nilai tersebut didapatkan dari pre-tes dan pos-test yang dilakukan kepada siswa setelah kegiatan praktikum. Sedangkan nilai persentase N-Gain Score (%) adalah 69,95 % dengan kriteria cukup efektif. Keterampilan Proses Sains yang sering muncul atau sering terlaksana oleh peserta siswa yaitu rata-rata sebesar 2,98 sehingga diperoleh persentasenya 74,5%. Data yang diperoleh pada hasil observasi ini memperlihatkan hasil tertinggi terletak pada aspek merencanakan percobaan dengan nilai 3,50 diperoleh persentase 87,5 % dengan kriteria sangat baik. Aspek yang kedua terdapat pada mealakukan percobaan, dan mengkomunikasikan dengan nilai rata-rata 3,33 diperoleh persentase 83,3% dengan kriteria sangat baik, kemudian aspek observasi, dengan nilai rata-rata 3,17 diperoleh persentase 79,2% yang terletak pada kriteria baik. Aspek Klasifikasi dan memprediksi juga memiliki nilai rata-rata 3,33 atau 79,2% dengan kriteria baik. Untuk aspek menerapkan konsep memiliki kriteria baik dengan nilai rata-rata 2,67 atau 66,6%. Kemudian aspek mengukur meperoleh niali rata-rata 2,17 atau 54,2% dengan kriteria cukup. Sedang aspek yang paling rendah terdapat pada kegiatan menapsirkan data dengan nilai rata-rata nilai 2,33 sehingga didapatkan 54,2% dengan kriteria cukup.

Item Type: Book
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:58
Last Modified: 07 Nov 2023 08:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32637

Actions (login required)

View Item
View Item