Bimbingan dan Konseling Kelompok Berbasis Shalat Dalam Mereduksi Perilaku Prokrastinasi.

Azhari, 2013078902 (2023) Bimbingan dan Konseling Kelompok Berbasis Shalat Dalam Mereduksi Perilaku Prokrastinasi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Bimbingan dan Konseling Kelompok Berbasis Shalat Dalam Mereduksi Perilaku Prokrastinasi.] Text (Bimbingan dan Konseling Kelompok Berbasis Shalat Dalam Mereduksi Perilaku Prokrastinasi.)
LP_PPK_2020-AZHARI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Shalat merupakan anjuran yang wajib bagi muslim dan muslimah khususnya mereka yang sudah mukallaf. Bagi muslim dan muslimah yang menegakkan shalat diibaratkan menegakkan tiang untuk agama dimana pondasinya adalah Iman dan Islam. Melalui gerakan shalat juga manusia mampu menumbuhkan daya prestasi tubuh. Daya prestasi tubuh ini terdapat dalam gerakan shalat mulai dari berdiri tegak, takbiratul ihram, ruku, i`tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, gerakan takhiyatul akhir sampai pada salam. Berangkat dari itu, dalam penelitian ini berfokus pada bagaimana membentuk prilaku baru dengan pendekatan bimbingan dan konseling kelompok berbasis shalat dalam mereduksi prilaku prokrastinasi pada santri pesantren Al- Manar. Tujuan dari penelitian ini diantaranya: (1) Untuk mengetahui prilaku prokrastinasi pada santri pesantren Al-Manar. (2) untuk mengetahui faktor penyebab prilaku prokrastinasi dan (3) Untuk mengetahui implementasi bimbingan dan konseling kelompok berbasis shalat dalam mereduksi prilaku prokrastinasi pada santri pesantren modern Al-Manar. Metode pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode interpretatif dengan teknik pengumpulan data melalui: observasi, analisis dokumen dan wawancara. Hasil penelitian menggambarkan terdapat benyak perubahan dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik secara komprehensif ke arah yang lebih baik.

Item Type: Book
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:58
Last Modified: 07 Nov 2023 08:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32640

Actions (login required)

View Item
View Item