Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Menulis Dan Membaca Pada Sekolah Dasar Negeri I Deah Rungkom Berbasis Android

Ikhwan Nusufi, 160212023 (2023) Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Menulis Dan Membaca Pada Sekolah Dasar Negeri I Deah Rungkom Berbasis Android. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Aplikasi Pembelajaran Baca Tulis Untuk Anak Usia Dini] Text (Aplikasi Pembelajaran Baca Tulis Untuk Anak Usia Dini)
Ikhwan Nusufi, 160212023, FTK, PTI, 082366373198.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penulisan karya tulis ini untuk merancang sebuah aplikasi android yang dapat menjadi media pembelajaran baca-tulis berdasarkan kebutuhan guru sekolah dasar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada Sekolah Dasar Negeri I Deah Rungkom, maka peneliti menemukan permasalahan bahwa guru belum pernah menggunakan media pembelajaran pada proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi android yang dapat menjadi media pembelajaran pada materi baca-tulis untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode User Centered Design (UCD) dalam pengembangan aplikasi dan metode System Usability Scale (SUS) dalam pengujian kelayakan aplikasi. Hasil Evaluasi penilian akhir yang dilakukan terhadap aplikasi ini dari 12 responden meliputi guru wali dan guru Sekolah Dasar mendapatkan skor 81 dan termasuk dalam grade B berdasarkan grafik percentile rank, dan rating Good berdasarkan adjective rank, sehingga aplikasi ini dikategorikan sudah baik dalam memenuhi kebutuhan pengguna dan cukup mudah digunakan oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Ikhwan Nusufi Ikhwan
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:35
Last Modified: 19 Sep 2023 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32653

Actions (login required)

View Item
View Item