Strategi Aparatur Gampong Dalam Pengelolaan Program Keagamaan Di Kalangan Masyarakat(Studi Di Gampong Jambo Papeun Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh

Darma Yunanda, 180403041 (2023) Strategi Aparatur Gampong Dalam Pengelolaan Program Keagamaan Di Kalangan Masyarakat(Studi Di Gampong Jambo Papeun Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Strategi Aparatur Gampong Dalam Pengelolaan Program Keagamaan Di Kalangan Masyarakat (Studi Di Gampong Jambo Papeun Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh] Text (Strategi Aparatur Gampong Dalam Pengelolaan Program Keagamaan Di Kalangan Masyarakat (Studi Di Gampong Jambo Papeun Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh)
Darma Yunanda, 180403041, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Strategi Aparatur Gampong Dalam Pengelolaan Program Keagamaan Di Kalangan Masyarakat (Studi Di Gampong Jambo Papeun Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi aparatur gampong dalam pengelolaan program keagamaan dikalangan masyarakat Gampong Jambo Papeun, untuk mengetahui dampak pelaksanaan program keagamaan dikalangan masyarakat Gampong Jambo Papeun dan untuk mengetahui kendala pelaksanaan program keagamaan di kalangan masyarakat Gampong Jambo Papeun. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pengelolaan program keagamaan dikalangan masyarakat Gampong Jambo Papeun dilakukan dengan menagajak bersama masyarakat, proses ajakan ini dilakukan dengan pendekatan emosional secara individu, hal ini dilakukan untuk membangun kekompakkan dan kenersamaan, strategi pendekatan individu ini berhasil di lakukan sehingga setiap kegiatan keagamaan mendapat dukungan tanpa ada penolakan. Adapun dampak pelaksanaan program keagamaan dikalangan masyarakat Gampong Jambo Papeun sanga terasa, di mana dalam aktifitas sehari-hari masyarakat sudah menjelankan norma-norma agama, bahkan perintah agama pun sudah mulai dilakukan dengan baik, seperti shalat berjamaah di masjid, memeriahkan peryakan Maulid Nabi Muhammad SAW dan juga kegiatan lainnya, selain itu juga aktifitas keagamaan sudah banyak dan semakin bertambah yang mengikutinya. Sedangakan kendala pelaksanaan program keagamaan di kalangan masyarakat Gampong Jambo Papeun hanya terjadi pada awal pelaksanaanya saja, di mana masyarakat masih belum memahami tujuan dan hasil yang di capai dari kegiatan ini, kurangnya pengetahuan membuat awal dari kegiatan keagamaan masih kurang di minati, seperti pengajian hanya di ikuti oleh orang tua saja, namun sekarang sudah banyak juga anak muda dan masyarakat umum lainnya yang mengikutinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Darma Yunanda
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:25
Last Modified: 20 Sep 2023 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32656

Actions (login required)

View Item
View Item