Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP

Fachrur Radhi, 180205039 (2023) Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP. Other thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Fachrur Radhi, 180205039, FTK, PMA, 085262699150.pdf] Text
Fachrur Radhi, 180205039, FTK, PMA, 085262699150.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB)

Abstract

matematika, karena siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematika secara tertulis dan mengkomunikasikan pemahaman kepada orang lain. Suatu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa yaitu strategi active knowledge sharing. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa menggunakan strategi active knowledge sharing dengan kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Trumon. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar tes kemampuan komunikasi matematika. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikan 0.021 ≤ 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa, kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan menerapkan strategi active knowledge sharing lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematika siswa menggunakan pembelajaran konvensional. Sehingga strategi active knowledge sharing ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Fachrur Radhi
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:06
Last Modified: 19 Sep 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32657

Actions (login required)

View Item
View Item