Pengaruh Sukuk Inflasi dan BI Rate Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional Pada Masa Pandemi Covid 19

Muhammad Alba Jili, 160602070 (2023) Pengaruh Sukuk Inflasi dan BI Rate Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional Pada Masa Pandemi Covid 19. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Sukuk Inflasi dan BI Rate Terhadap  Pertumbuhan Ekonomi Nasional Pada Masa  Pandemi Covid 19] Text (Pengaruh Sukuk Inflasi dan BI Rate Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional Pada Masa Pandemi Covid 19)
Muhammad Alba Jili.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk menjadi indikator masyarakat suatu negara telah sejahtera atau belum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa variabel independen yang diteliti seperti sukuk, inflasi dan BI Rate serta menggunakan variabel dummy covid secara parsial maupun simultan terhadap pertumbuhan ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan variabel dummy. Hasil uji t menunjukkan bahwa sukuk memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, inflasi dan BI Rate memberikan pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dan dummy covid memberikan pengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Hasil uji f menunjukkan bahwa variabel sukuk, inflasi, BI Rate dan dummy covid memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Adapun nilai R Squared sebesar 0,349 (34,9%), yang berarti sebesar 34,9% pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh variabel sukuk, inflasi, BI Rate dan dummy covid, sedangkan sisanya (100% – 34,9% = 65,1%) dipengaruhi oleh variabel lain

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Alba Jili Alba
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:03
Last Modified: 19 Sep 2023 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32661

Actions (login required)

View Item
View Item