Komunitas Selebgram Di Bireuen (Kajian Tentang Gaya Hidup, Finansial Dan Pergaulan)

Raudhatul Ula Salsabila, 190501091 (2023) Komunitas Selebgram Di Bireuen (Kajian Tentang Gaya Hidup, Finansial Dan Pergaulan). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Komunitas Selebgram Di Bireuen (Kajian Tentang Gaya Hidup, Finansial Dan Pergaulan)] Text (Komunitas Selebgram Di Bireuen (Kajian Tentang Gaya Hidup, Finansial Dan Pergaulan))
Raudhatul Ula Salsabila, 190501091, FAH, SKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Komunitas Selebgram Di Bireuen (Kajian Tentang Gaya Hidup, Finansial dan Pergaulan)”. Skripsi ini ditulis karena saat ini penggunaan sosial media terutama instagram sangat banyak, yang akhirnya dari banyaknya pengguna instagram tersebut melahirkan banyak fenomena-fenomena baru yaitu seperti selebgram, di mana para selebgram mempunyai popularitas sendiri di media sosial instagram. Dalam hal ini bertujuan guna mengetahui faktor yang mendorong pegiat media sosial instagram untuk menjadi seorang celebrity instagram/selebgram Bireuen, dan perubahan selebgram Bireuen setelah menjadi seorang yang terkenal di media sosial instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptik yang bersifat participan observasion di mana penulis terlibat langsung dalam penelitian ini sebagai sumber data dan mengungkapkan situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan secara relevan terhadap situasi alamiah. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan memilih beberapa informan yang sudah lama menjadi selebgram kemudian penulis mewawancarai secara bebas serta mendalam. Adapun hasil dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa menjadi seorang selebgram di Bireuen merupakan satu profesi yang dapat meraup pundi-pundi uang yang besar dan mempunyai popularitas yang tinggi. Kemudian ada beberapa perubahan yang dialami selebgram setelah popularitasnya tinggi seperti peningkatan poplaritas, memiliki followers dan viewers yang banyak, peningkatan pendapat, serta memiliki akses dan jaringan yang luas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Raudhatul Ula Salsabila Raudhatul
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:11
Last Modified: 19 Sep 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32665

Actions (login required)

View Item
View Item