Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Permata

Dimaz Safitra, 160204049 (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Permata. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembahasan tentang kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam proses pembelajaran mata pelajaran fisika] Text (Pembahasan tentang kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam proses pembelajaran mata pelajaran fisika)
Safitra's Thesis Watermarked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa sangat diperlukan untuk memahami dan memecahkan suatu masalah atau soal fisika yang membutuhkan penalaran, analisis, evaluasi dan interpretasi pikiran. Apabila tidak ada kemampuan berpikir kritis maka peserta didik tidak mampu menyelesaikan masalah fisika dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam memecahkan masalah fisika pada materi hukum pascal pada kelas XI SMAN 1 Permata. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Permata yang terdiri dari 13 peserta didik. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil analisis data menunjukkan bahwa : siswa yang berkemampuan berpikir kritis tinggi adalah siswa yang mampu memenuhi keseluruhan indikator berpikir kritis. Siswa yang berkemampuan berpikir kritis rendah, kurang mampu dalam menginterpretasikan masalah dan tidak mampu memenuhi indikator analisis, evaluasi, dan inferensi. Ia masih kurang mampu memahami soal sehingga ketika menulis yang diketahui dan yang ditanyakan kurang lengkap dan kurang tepat bahkan tidak membuatnya sama sekali karena tidak mementingkan langkah pengerjaan, dan langsung menjawabnya dengan kesimpulan. Dalam hal ini dalam hal ini peran guru sangatlah penting dalam melatih siswa dan membiasakannya untuk menyelesaikan soal-soal latihan agar kemampuan berpikir kritis siswa dapat berkembang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Dimaz Safitra Dimaz
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:24
Last Modified: 20 Sep 2023 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32669

Actions (login required)

View Item
View Item